Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SELEBRITIS

Mengenal Mepamit, Adat Bali yang Dijalani Mahalini Jelang Menikah

MEPAMIT: Mahalini akan Manjalani Upacara Adat Bali, Mepamit, Jelang Menikah dengan Rizky Febian

 

DENPASAR Balipolitika.com- Apa yang dimaksud dengan mepamit? Proses mepamit merupakan upacara adat Bali yang akan dijalani penyanyi Mahalini jelang pernikahannya dengan Rizky Febian. Diketahui, Mahalini akan menjalani prosesi mepamit di kediaman orang tua Mahalini di kawasan Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali, hari ini, Minggu, 5 Mei 2024.

Mepamit sendiri memiliki arti berpamitan. Prosesi ini biasa dilakukan untuk menandakan permintaan izin seseorang untuk meninggalkan tempatnya yang semula. Setelah prosesi ini selesai dilakukan, calon mempelai perempuan diperkenankan untuk melangsungkan pernikahan dengan pasangannya sekaligus memeluk agama baru.

Sang pengantin wanita selanjutnya akan diberi izin dan restu untuk hidup bersama pengantin pria atau purusha.  Sang pengantin pria kemudian akan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan pengantin wanita kala sudah berumah tangga. Prosesi adat ini pun tak ayal membuat Mahalini diisukan sudah mualaf memilih memeluk agama seperti Rizky Febian. Seperti diketahui, Mahalini dan Rizky Febian menjalani hubungan asmara selama empat tahun lamanya.

Diketahui, prosesi mepamit rencananya akan dimulai pukul 11.00 Wita. Upacara ini akan dipimpin langsung oleh pemuka agama. Sebelumnya, beredar kabar jika Rizky Febian dan Mahalini bakal menikah hari ini, pada Minggu, 5 Mei 2024 yang diadakan kediaman Mahalini di Bali. Terbaru, Rizky Febian dan Mahalini Raharja ternyata akan menjalani acara ijab kabul pada tanggal 8 Mei di Jakarta.

Sebelumnya, Kabar pernikahan Rizky Febian dan Mahalini disampaikan oleh Klian Banjar Dinas Aseman Kawan, I Gede Hardi Raharja. “Minggu lalu kita ada rapat di rumahnya (Mahalini). Jadi memang sudah dipersiapkan dari keluarga dan sudah menyampaikan ke lingkungan atau banjar,” ujar I Gede Hardi Raharja, dikutip dari YouTube AMGO Project, Jumat 3 Mei 2024.

I Gede Hardi pun membeberkan pembahasan dalam rapat tersebut yakni terkait runtutan acara pernikahan Rizky Febian dan Mahalini. Prosesi adat nikah dimulai dengan mepamit. “(Isi rapat) runtutan acaranya lah, dari pagi mungkin nanti ada kalau istilah Bali-nya mepamit ya,” beber I Gede Hardi. Prosesi dilanjutkan dengan madar ma swaka baru kemudian resepsi. Dikatakan I Gede Hardi, resepsi dilakukan di hari yang sama hingga malam hari. “Nanti habis itu madar ma swaka baru itu kayak resepsi lah,” katanya. “Ya hari yang sama, sampai malam,” imbuh I Gede Hardi.

Sementara itu, soal persiapan pernikahan, I Gede Harga berujar, di rumah Mahalini sudah dipasang tenda. “Kemarin udah ada pemasangan istilah Bali-nya kayak salon apa tenda itu yang tradisional itu sudah,” ujarnya. I Gede Hardi memaparkan acara pernikahan Mahalini dan Iky, sapaan akrab Rizky Febian, akan digelar pada tanggal 5 Mei 2024. “Acara tanggal 5, hari minggu ini, akan dihadiri oleh kerabat hingga warga di lingkungan sekitar.” papar I Gede Hardi.

Lebih lanjut, I Gede Hardi mengungkapkan bahwa Iky dan Mahalini selanjutnya akan melangsungkan ijab kabul di Jakarta. “Kalau acara ijab kabulnya tanggal 8 ya di Jakarta,” pungkasnya. Rizky Febian dan Mahalini mantap membawa hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan setelah pacaran sejak Februari 2022. Namun hingga kini, baik Sule atau anggota keluarga lain belum ingin buka suara perihal acara pernikahan tersebut.

“Waktu itu keluarga memang sudah rapat dengan kami, tokoh di desa, di banjar. Rentetan acara dari pagi ada mepamit, sampai resepsi (adat) di hari yang sama sampai malam,” ungkap Hardi. Salah satu tetangga Mahalini menyebut, acara pernikahan keduanya dirangkai dengan prosesi mepamit. Prosesi tersebut adalah rangkaian pernikahan Hindu Bali, yang bertujuan untuk berpamitan ke leluhur. “Kalau di Bali ini kan upacara mepamit dulu sebelum digelar upacara nikahnya,” kata salah satu tetangga Mahalini, Made Kardi.

Sementara itu, yang akan didapuk sebagai MC adalah Raffi Ahmad. Sebelumnya, Raffi Ahmad membocorkan perkiraan rencana pernikahan Rizky Febian dan Mahalini. Raffi mengatakan jika bersedia menjadi MC di pernikahan Iky dan Mahalini tanpa bayaran. Rencana pernikahan Rizky Febian dan Mahalini yang dikabarkan digelar tahun ini, rupanya mencuri perhatian Raffi Ahmad. Dalam YouTube Rans Entertaiment, Raffi Ahmad justru sudah menawarkan diri kepada Rizky Febian dan Mahalini untuk menjadi MC di pernikahan mereka. Disinggung soal perkataannya, Raffi Ahmad hanya meminta doa. “Doain saja, doain saja,” ujar Raffi Ahmad. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!