Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Disambut Hanoman, GP Gelontor Rp160 Miliar di Bangli

BKK Hibah Badung Angelus Buana

DARI BADUNG UNTUK BALI: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan secara simbolis hibah dan BKK sebesar Rp160 miliar lebih di Alun-Alun Kota Bangli, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Selasa, 23 April 2024. 

 

BADUNG, Balipolitika.com Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta kembali melanjutkan program “Badung Angelus Buana” yang bermakna “Badung Berbagi dari Badung untuk Bali”.

Setelah Kabupaten Jembrana, Buleleng, Karangsem, dan Klungkung, kini giliran Kabupaten Bangli yang menerima secara simbolis hibah dan bantuan keuangan khusus (BKK) sebesar Rp160 miliar lebih.

Penyerahan oleh Bupati Giri Prasta itu dilakukan di Alun-Alun Kota Bangli, Jalan Brigjen Ngurah Rai, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Selasa, 23 April 2024.

I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Kepala BPKAD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini dan pejabat lainnya disambut Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Swastika, beserta anggota, Sekda Bangli Ida Bagus Giri Putra, beserta pejabat lainnya.

Program  Badung Angelus Buana di Kabupaten Bangli dana diberikan dengan menyalurkan BKK kepada 373 penerima dengan nilai total sebesar Rp70.175.000.000, dan bantuan hibah kepada 175 penerima dengan total jumlah bantuan sebesar Rp96.420.197.500.

Selain penyerahan hibah dan BKK, Bupati Giri Prasta juga meletakan batu pertama untuk pembangunan Sports Center di Kabupaten Bangli.

Dalam sambutannya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan hadir di Kabupaten Bangli untuk menyerahkan bantuan secara simbolis yang dananya sudah masuk ke Bendahara Keuangan Pemerintah Kabupaten Bangli untuk BKK; khusus hibah sudah masuk ke rekening masing-masing penerima.

“Ini akan terus berkelanjutan karena kami akan mendorong pendapatan pajak hotel dan restoran agar kami bisa membantu sepenuhnya dan masyarakat Bangli sudah kami data sepenuhnya dan banyak sekali juga masyarakat Bangli yang bekerja di Kabupaten Badung, sehingga ini adalah wujud bhakti kami sesuai dengan regulasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakatnya dan kami Badung 70 persen air itu dari Kabupaten Bangli. Inilah salah satu bentuk wujud yang kita berikan kepada masyarakat Kabupaten Bangli. Apalagi Bapak Bupati Bangli bersama Ketua DPRD Bangli sudah berkomitmen untuk membangun Bangli secara bersama-sama, dan tujuan kita ke depan bantuan dari pusat, provinsi, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Badung. Ini adalah salah satu model untuk mempercepat pembangunan yang ada di Kabupaten Bangli, seperti contoh tahap awal kami bantu sebesar Rp30 miliar untuk peletakan batu pertama dan penataan awal pembangunan Sports Center dan ini merupakan gelanggang olahraga karena kami punya prinsip mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” ucap Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut dikatakan, program “Badung Angelus Buana” adalah wujud konkret strategi kolaborasi Pemerintah Kabupaten Badung (collaborative governance) dengan pemerintah lainnya dengan tujuan mendorong pembangunan di wilayah Provinsi Bali seperti hari ini hadir di Kabupaten Bangli dengan Program Badung Angelus Buana membangun Bali dari pinggiran.

Untuk mendukung pembangunan berbagai bidang di kabupaten/kota lainnya di Bali yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah, Badung Angelus Bhuana merupakan program untuk meringankan beban masyarakat.

Bupati Giri Prasta juga mengajak seluruh masyarakat saling bahu-membahu menjaga kekompakan dan kebersamaan serta yang paling penting  agar bantuan ini digunakan sebaik-baiknya agar tidak seperti pepatah mengatakan Merta Matemahan Wicara dan Merta Matemahan Wesia alias ada bantuan kita ribut dengan saudara dan ada bantuan kita terkena masalah hukum.

“Itu yang kami tidak inginkan terjadi untuk itu bantuan ini agar digunakan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung atas penyaluran bantuan hibah dan BKK kepada masyarakat Bangli.

“Dengan adanya bantuan BKK dari Badung ini hampir seluruh pembangunan yang ada di Kabupaten Bangli dibantu oleh Kabupaten Badung seperti sports center, bale kambang berkelanjutan pembangunan sasana budaya, Simpang Tiga Catur itu hanya beberapa hal yang bisa sampaikan. Tak lupa secara formal kami sampaikan selamat datang kepada Bapak Bupati Badung bersama seluruh jajaran sudah hadir di Kabupaten Bangli. Tentu kami akan terus mendukung upaya-upaya pemerataan pembangunan masyarakat ini supaya Pulau Bali ini lebih cepat sejahtera bersama-sama, bisa bahagia selamanya,” ungkap Bupati Bangli.

Sebelum pelaksanaan penyerahan hibah dan BKK secara simbolis di Alun-Alun Kota Bangli, Bupati Bangli mengajak Bupati Badung untuk meletakan batu pertama dalam pembangunan sports center yang total akan menghabiskan anggaran Rp600 miliar lebih dan tahun ini sudah mulai ditenderkan dan dikerjakan. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!