Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Rp3.432.579.118.824 di Musrenbang RKPD Denpasar 2025

153 Program, 381 Kegiatan, dan 983 Sub Kegiatan

NILAI USULAN: Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kota Denpasar tahun 2025 yang ditandai dengan pemukulan gong di Ruang Sewaka Mahottama Graha Sewaka Dharma Lumintang, Selasa, 19 Maret 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Untuk membahas rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Pemkot Denpasar menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kota Denpasar.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa yang ditandai dengan pemukulan gong di Ruang Sewaka Mahottama Graha Sewaka Dharma Lumintang, pada Selasa, 19 Maret 2024.

Pelaksanaan Musrenbang ini sendiri ditujukan meningkatkan kualitas perencanaan dan akuntabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.

Tampak hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariana Wandhira, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, dan Kepala Badan Bapeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma.

Dalam sambutan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang dibacakan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa disebutkan bahwa tahun 2025 merupakan awal pelaksanaan hasil pilkada serentak.

Selain itu, di tahun 2025 ini sesuai dengan dokumen RPJMD Semesta Berencana Kota Denpasar tahun 2021-2026 merupakan rentang implememtasi tahun ke-4 perwujudan visi misi pembangunan.

“Dengan adanya Pilkada Serentak di tahun 2024 ini, rentang waktu implementasi RPJMD 2021-2026 menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, diperlukan percepatan untuk mewujudkan Denpasar yang MAJU yakni Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, berkaitan dengan itu pihaknya melakukan percepatan khususnya pembangunan di sektor insfratruktur dasar, penyediaan pelayanan peneisikan dan kesehatan bagi masyarakat.

“Maka dari itu tema pembangunan di Kota Denpasar tahun 2024 adalah ‘mempercepat pembangunan insfratruktur dan peningkatan kualitas SDM untuk pertumbuhan yang berkualitas,” ucap Arya Wibawa lagi.

Selain itu, Arya Wibawa juga mengatakan pendidikan dan kesehatan sebagai urusan wajib pelayanan dasar masih merupakan sektor utama yang menjadi prioritas pembangunan Kota Denpasar pada tahun 2025.

“Pada pemenuhan sektor pendidikan pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan pembangunan dan perbaikan gedung sekolah dasar sebanyak 11 sekolah dasar. Dan untuk di tahun 2025 juga akan dilaksanakan pembangunan gedung untuk melengkapi kebutuhan di SMPN 14 di Denpasar Timur, SMPN 16 dengan menambah ruang kelas baru serta direncanakan pembangjnan gedung sekolah SMPN 17 sekaligus melengkapi sarana prasarana untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar di SD dan SMP, ” imbuh Arya Wibawa.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2025 dilaksanakan mulai dari hari ini Selasa, 19 Maret 2024 hingga Kamis, 21 Maret 2024 dan diikuti oleh Forkompimda Kota Denpasar, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Perguruan Tinggi, Kelompok Ahli Pembangunan Kota Denpasar, Kelompok masyarakat, serta unsur terkait lainnya, yang berjumlah kurang lebih sebanyak 150 peserta yang hadir secara daring maupun luring.

Wisnu menjelaskan, jumlah usulan kegiatan yang telah disampaikan oleh seluruh perangkat daerah Kota Denpasar untuk Tahun 2025, sebanyak 153 program yang dituangkan dalam 381 kegiatan, dan 983 sub kegiatan, dengan total nilai usulan sebesar Rp3.432.579.118.824. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!