Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

5 Objek Wisata Indonesia yang Konon Muncul dari Kisah Legenda

CANDI PRAMBANAN: Merupakan Salah Satu Objek Wisata Indonesia yang Muncul dari Kisah Legenda

 

DENPASAR Balipolitika.com- Indonesia memiliki keindahan alam yang bahkan sudah dikenal hingga luar negeri. Namun, tidak hanya sekadar indah. Banyak legenda-legenda yang konon menjadi asal muasal dari suatu tempat, yang dikembangkan menjadi objek wisata.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), legenda berarti cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Meski sebagian bukan kisah nyata, keberadaan kisah legenda tetap membuat suatu tempat wisata makin menarik. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga bisa menikmati sajian legenda tersebut.

Objek Wisata yang Lahir dari Legenda

Berikut 5 objek wisata di Indonesia yang konon muncul dari kisah legenda, dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf):

1. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat: Legenda Sangkuriang

Menurut legenda, tempat wisata andalan Jawa Barat ini terkenal dengan legenda cinta terlarang antara anak dan ibu. Konon Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi. Kini, gunung api aktif dengan ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki kawah vulkanik yang cantik dan menarik dikunjungi wisatawan.

2. Pantai Air Manis, Sumatera Barat: Legenda Malin Kundang

Pantai Air Manis identik dengan legenda Malin Kundang, seorang anak laki-laki yang durhaka pada ibunya dan dikutuk menjadi batu. Kisah ini mengajarkan nilai moral tentang berbakti pada orang tua. Pantai Air Manis di Padang Selatan, Sumatera Barat, menjadi destinasi wisata legenda yang populer di Indonesia.

3. Danau Toba, Sumatera Utara: Legenda Toba dan Putri Ikan

Danau Toba terkenal dengan kisah legenda seorang petani bernama Toba dan Putri Ikan Emas. Dikisahkan mereka menikah dan memiliki anak. Danau ini konon terbentuk dari tangisan sang putri setelah Toba melanggar sumpah untuk tidak menyebut masa lalu sang putri. Selain legenda, Danau Toba juga menawarkan keindahan alam yang memukau bagi para wisatawan dari seluruh dunia.

4. Candi Prambanan, Yogyakarta: Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno, terkenal dengan kisah legenda cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Roro Jonggrang mengajukan syarat untuk dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam sebagai syarat menikah. Namun, Roro Jonggrang yang enggan dinikahi berupaya menggagalkan pembangunan 1.000 candi itu. Konon Bandung Bondowoso mengerahkan tentara jin untuk membangun 1.000 candi dalam satu malam. Roro Jonggrang lalu membakar jerami, sehingga para jin lari saat baru 999 candi selesai karena mengira hari sudah pagi. Bandung Bondowoso yang marah lalu mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk melengkapi 1.000 candi. Candi Prambanan kini menjadi warisan dunia UNESCO.

5. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur: Legenda Komodo

Pulau Komodo memiliki legenda tentang komodo yang merupakan anak kembar dari Putri Naga dan suaminya Moja. Anak kembar tersebut diasingkan ke hutan karena berwujud kadal. Namun, setelah kejadian tertentu, komodo dan manusia hidup berdampingan di pulau tersebut seperti saudara. Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1991. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!