Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Prabowo-Gibran Menang Hampir Seluruh Provinsi, Kecuali DKI Jakarta

TERTINGGI: Prabowo-Gibran Menang Hampir Seluruh Provinsi, Kecuali DKI Jakarta

 

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Dukungan publik untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka makin meluas dan hampir merata di seluruh wilayah.

Hasil survei Polling Institute pada 26 sampai 28 Desember 2023, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 ini unggul di mayoritas daerah setelah berlangsungnya debat Pilpres 2024 pertama dan kedua yang digelar KPU RI.

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir setiap kelompok masyarakat, kecuali di wilayah DKI Jakarta,” urai peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam paparannya secara virtual, Rabu, 3 Januari 2024.

Berdasarkan demografi wilayah, Prabowo-Gibran unggul di Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua.

Seperti di Sumatera, Prabowo-Gibran didukung 40,4 persen responden. Di posisi kedua ditempati Anies-Muhaimin dengan 30,5 persen, menyusul Ganjar-Mahfud 20,5 persen.

Di Banten, dukungan untuk Prabowo-Gibran juga tinggi, mencapai 57,5 persen.

“Setelahnya ada Anies-Muhaimin dengan 23 persen, lalu Ganjar-Mahfud 12 persen,” jelas Kennedy.

Prabowo-Gibran juga menguasai wilayah Jawa Tengah-DIY mencapai 42,9 persen, menyusul Ganjar-Mahfud 33,8 persen, dan Anies-Muhaimin 14 persen.

Paslon nomor urut 2 itu hanya kalah di DKI Jakarta. Di wilayah ini, pasangan Anies-Muhaimin unggul dengan 46,9 persen. Posisi kedua ada Prabowo-Gibran dengan 35,1 persen. Sementara Ganjar-Mahfud 9,0 persen.

Survei ini melibatkan 1.246 responden yang disurvei pada 26 sampai 28 Desember 2023. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!