Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Debat Ketiga Tema Pertahanan, AHY Yakin Prabowo di Atas Angin

AHY Optimis Prabowo Unggul di Debat Capres Ketiga: Sektor Pertahanan Kekuatan Beliau

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yakin capres usungannya bakal unggul di debat ketiga pada 7 Januari 2024. Sebab, tema yang diangkat adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Bagi AHY, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, tentu menguasai isu-isu tersebut.
“Yang (debat) ketiga ini justru menjadi salah satu kekuatan beliau, berbicara pertahanan, keamanan, hubungan internasional, apalagi beliau selama lima tahun terakhir sebagai Menteri Pertahanan RI, termasuk rekam jejak yang lain,” kata AHY di Hotel Adimulia, Kota Medan, pada Selasa, 26 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik, Prabowo kalah unggul dari Anies di debat pertama. Meski begitu AHY tetap memuji penampilan Prabowo di debat yang dihelat 12 Desember 2023 lalu tersebut.

“Tapi menurut kami Pak Prabowo pada penampilan pertama telah menunjukkan komitmen beliau visi-misi dan juga kebijakan serta program yang akan beliau jalankan. Sesuai dengan materi debat pertama,” katanya.

Di debat ketiga, AHY sangat percaya diri, penampilan Prabowo lebih baik.

“Saya yakin itu semua akan dipersiapkan dengan baik,” tuturnya.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu menilai visi misi Prabowo-Gibran di 2024 salah satunya yang menonjol di bidang pertahanan dan keamanan negara. Jadi untuk debat ketiga, AHY yakin tak ada kendala.

“Menurut saya cukup memberikan keyakinan bahwa, insyaallah jika beliau menjadi presiden urusan pertahanan keamanan negara akan menjadi prioritas utama. Kedaulatan termasuk juga, keutuhan negeri ini, tetapi juga peran-peran di internasional termasuk diplomasi akan dijalankan dengan baik untuk kepentingan negara,” tutupnya.

Survei Indikator Anies Ungguli Prabowo di Debat Pertama
Dalam survei itu, kepada responden ditanyai pertanyaan: Siapa yang tampil paling baik dalam debat bertema hukum dan pelanggaran HAM tersebut?
Berikut data survei Indikator dikutip Selasa (26/12):

Prabowo Subianto: 28,9 persen
Ganjar Pranowo: 26,9 persen

“Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres,” kata peneliti Indikator Burhanuddin Muhtadi.
Namun untuk program kerja, Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies.
Berikut data lengkapnya:

Anies Baswedan: 26,1 persen
Prabowo Subianto: 32,6 persen
Ganjar Pranowo: 26,8 persen (bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!