Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Alvara Research: Prabowo dan Ganjar Paling Berpeluang di Putaran Kedua

ALVARA RESEARCH: Prabowo dan Ganjar Paling Berpeluang Lolos Putaran Kedua Pilpres 2024

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran memiliki peluang paling besar masuk putaran kedua Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Hal itu berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bersama Alvara Research Center terkait Elektabilitas Capres-Cawapres pada Pilpres 2024.

“Kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud,” kata salah seorang Ketua FAPTI, Andre Rahadian di Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Dalam keterangan persnya, dia menyebutkan tingkat elektabilitas para Capres-Cawapres belum ada yang menyentuh angka 50 persen sehingga kemungkinan Pilpres 2024 akan berjalan dua putaran.

Hasil survei itu memperlihatkan sebanyak 46 persen responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran, lalu Ganjar-Mahfud menyusul dengan 26,4 persen dan Anies-Muhaimin mendapat 21,3 persen.

Sisanya, responden menjawab tidak tahu sebanyak 6,3 persen. Sedangkan, margin of error dalam survei ini diperkirakan sebesar 2,8 persen.

“Pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sedangkan pemilih Prabowo-Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024,” tutur Andre menambahkan.

Sebelumnya, dia menjelaskan survei kali ini dilakukan di seluruh Indonesia melibatkan 1.262 responden secara nasional, dan 4.000 responden di Jawa yang didominasi oleh generasi Z dan milenial sebesar 74.9 persen.

Dari total responden muda itu, sebanyak 56.2 persen di antaranya merupakan warga yang tinggal di wilayah perkotaan di Indonesia. Adapun, hasil survei keluar pada awal Desember 2023.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FAPTI, Eko Nugroho mengatakan survei dilakukan penebalan responden khusus di Pulau Jawa, dengan tambahan 4.000 orang responden.

“Hasilnya memperlihatkan responden di Jawa Tengah akan memilih pasangan Ganjar-Mahfud MD (47 persen) diikuti Prabowo-Gibran (32,8 persen),” ujarnya mengakui keunggulan Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah.

Untuk responden di Jawa Timur diketahui akan memilih pasangan Prabowo-Gibran dengan hasil survei 45,8 persen dan Ganjar-Mahfud menyusul dengan perolehan 30,9 persen.

Sedangkan, di wilayah DKI Jakarta Eko mengakui kebanyakan responden memilih pasangan Anies-Muhaimin yakni 34,1 persen dan diikuti Ganjar-Mahfud yang mendapatkan 31,4 persen.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!