Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Transportasi

Jelang Tahun Baru, SAR Denpasar Pantau Arus Gilimanuk

Rangkaian Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

PANTAU ARUS: Jelang Libur Tahun Baru, Kepala Sar Denpasar Pantau Arus Penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk

 

JEMBRANA, Balipolitika.com- Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menjelang perayaan malam pergantian tahun, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas) I Nyoman Sidakarya, S.H. melakukan pemantauan penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana Bali pada Kamis, 28 Desember 2023.

Pemantauan ini dilaksanakan masih dalam rangkaian Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berlangsung dari 18 Desember hingga 7 Januari 2024.

“Siaga SAR Khusus ini kami fokuskan kepada para pengguna moda transportasi baik itu darat dan laut yang akan menuju ke Pulau Bali, dengan meningkatnya moda transportasi jelang libur tahun baru ini tentunya meningkatkan adanya resiko kerawanan bagi para pengguna moda transportasi itu, maka dari itu kita memastikan koordinasi dan kesiapan alut serta personil dalam kondisi siap” ujar Nyoman Sidakarya.

Ditambahkannya, situasi penyebrangan pagi ini terpantau ramai lancar, tidak ada antrean baik itu dari Pelabuhan Gilimanuk Bali maupun Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

“Secara umum penyebrangan berjalan normal dan lancar hampir tidak ada kemacetan, kondisi cuaca juga baik. Harapannya tidak terjadi lonjakan yang signifikan jelang pergantian malam tahun baru,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menyiagakan delapan orang personel di Posko Siaga SAR Pelabuhan Gilimanuk dan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB).

“Kita juga didukung satu unit Kapal Negara (KN) SAR Permadi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, selain itu kita juga telah berkoordinasi dengan ASDP Gilimanuk untuk pengoperasion peralatan teknologi drone secara berkala yang dapat digunakan untuk memantau penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk – Ketapang selama Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2024, semoga semua berjalan dengan aman agar masyarakat dapat menikmati libur tahun baru di Pulau Bali dengan nyaman” tutupnya. (bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!