Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Benih Kelapa Sawit Unggul Asal Sumatra Utara Siap Ditanam di Bangka Belitung dan Kalimantan

BAHLIAS, Balipolitika.com- Benih kelapa sawit unggul merupakan salah satu syarat agar kebun sawit menjadi produktif dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Salah satu sumber benih unggul yang menghasilkan produksi daging buah (Palm Kernel Oil) tinggi adalah PT. PPLSI Tbk. Varietas benih unggulannya adalah DxP Bah Lias 7.

Sebelum dilalulintaskan, benih kelapa sawit harus diperiksa kesehatannya agar tumbuh dengan baik dan tidak menyebarkan hama penyakit tumbuhan berbahaya.

Senin 20 November 2023, Pejabat Karantina Indonesia di Medan memeriksa 99.920 butir benih kelapa sawit dengan varietas DxP Bah Lias 7 milik PT. PPLSI sebelum dikirim ke Bangka Belitung dan Kalimantan.

“Kami telah memeriksa benih kelapa sawit unggul yang akan dikirim. Hasilnya, benih-benih tersebut dalam keadaan sehat dan bebas Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Selanjutnya dapat dikirim ke daerah tujuan,” terang Ronald, Pejabat Karantina Medan.

Plt Kepala UPT Karantina Indonesia di Medan, Suwandi, menegaskan bahwa Pejabat Karantina Medan akan memastikan benih Kelapa sawit unggul asal Sumatra Utara bebas OPTK sehingga aman dikirim. “Kami berkomitmen dengan seluruh sumber benih di Sumatra Utara agar bekerjasama untuk memastikan kesehatan benih agar aman ditanam di manapun dan produksinya maksimal,” jelas Suwandi. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!