Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Datangkan Praktisi dari BRIN, Mengajar Trypanosoma, FKH Unud Selenggarakan Kuliah Umum

Datangkan Praktisi dari BRIN, Mengajar Trypanosoma, FKH Unud Selenggarakan Kuliah Umum

 

DENPASAR Balipolitika.com- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana mengadakan kuliah tamu dalam rangkaian Praktisi Mengajar, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), 19 September 2023 bertempat di Ruang Sidang lantai 1 Gedung Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Kuliah umum dihadiri oleh Dekan FKH, Para Wakil Dekan, Para Koordinator Program Studi, Ketua Kerja Sama FKH Unud, Dosen Laboratorium Parasitologi Veteriner dan 50 orang mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter Hewan. Hadir sebagai narasumber April H. Wardhana, S.K.H., M.Si., Ph.D dari Balai Litbang Veteriner, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kegiatan kuliah umum dimulai oleh sambutan Dekan FKH, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si. Prof. Suartha menyampaikan bahwa kuliah umum ini merupakan hal yang sangat baik bagi para mahasiswa. Karena dengan mendengar langsung materi dari para ahli di bidangnya maka mahasiswa mampu mendapatkan ilmu langsung dari lapangan. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. April. Dr. April memaparkan mengenai Trypanosoma Evansi: Epidemiologi, Potensi Zoonosis, Pengendalian dan Pengembangan Alat Deteksinya. Trypanosoma merupakan penyakit Zoonosis yaitu penyakit yang menular dari manusia ke hewan maupun sebaliknya. Trypanosoma disebabkan oleh Protozoa Trypanosoma Evansi yang disebarkan melalui lalat berjenis Tabanus. Trypanosoma mengakibatkan penyakit Surra yang umumnya menyerang hewan ternak seperti sapi ataupun kuda, akan tetapi dapat menular ke manusia jika terjadi kontak terhadap manusia.

Kegiatan kuliah umum dalam rangkaian Praktisi Mengajar ini merupakan salah satu program FKH demi memberi pengalaman lapangan kepada mahasiswa. Dr. April sebagai praktisi, memberikan pengalaman dalam penanganan Surra di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Diharapkan kegiatan praktisi mengajar ini mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa tidak hanya dari pengalaman di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. (dp/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!