Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Merpati Namlea Terbang ke Kota Pahlawan

MERPATI: Dua hari sebelum keberangkatan KM Dorolonda ke Barat Indonesia, pengguna jasa datang ke kantor Karantina Ambon Wilayah Kerja Namlea untuk melaporkan enam ekor burung merpati.

 

NAMLEA, Balipolitika.com- 1 Oktober 2023, Dua hari sebelum keberangkatan KM Dorolonda ke Barat Indonesia, pengguna jasa datang ke kantor Karantina Ambon Wilayah Kerja Namlea untuk melaporkan enam ekor burung merpati.

Burung merpati yang ditempatkan dalam kandang kemudian dikeluarkan ke meja pemeriksaan sampel dan dilakukan pemeriksaan fisik serta pengambilan sampel darah oleh Gunawan, Paramedik Karantina Hewan yang bertugas.

Burung merpati termasuk media pembawa yang memiliki risiko tinggi membawa penyakit flu burung.

Apalagi, penyakit ini secara alami umumnya dibawa oleh hewan liar seperti burung merpati karena tingginya pergerakan mereka di lingkungan.

Olehnya, sebelum melakukan lalu lintas burung merpati wajib melakukan pengujian laboratorium khususnya serologi HA/HI AI.

Setelah sampel dikirim, diuji, dan mendapatkan hasil negatif, maka media pembawa siap untuk berangkat ke kota pahlawan.

Pentingnya kesadaran masyarakat untuk #LaporKarantina sebelum melalulintaskan hewan dan produk hewan secara tidak langsung ikut berperan dalam menjaga negeri dari ancaman HPHK yang dapat membahayakan sosial dan ekonomi negara. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!