Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Prodi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Unud Diakreditasi

PENILAIAN: Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 21-22 September 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Akreditasi ini dilaksanakan guna menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan serta layanan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Upacara pembukaan diselenggarakan di Ruang Pertemuan Dr. A A Made Djelantik, Gedung FK Unud-Denpasar, dimana asesmen lapangan oleh LAM-PTKes akan diselenggarakan selama 2 hari pada 21-22 September 2023 dengan 2 orang asesor yaitu Prof. dr. Budi Mulyono, Sp.PK (K)., M.M. (asesor 1) dan Dr. dr. Agnes Rengga Indrati, Sp.PK(K)., M.Kes. (asesor 2).

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud, Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT(K) dan dibuka oleh Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.IPU.

Dr. Eka dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses akreditasi merupakan proses penjaminan mutu yang bertujuan agar menghasilkan lulusan yang diinginkan oleh masyarakat yang berkompetensi dan berkualitas.

“Kami mohon dari tim asesor memberikan masukan serta arahan sebanyak – banyaknya agar kedepannya Program Studi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bisa melakukan upaya – upaya pengembangan yang lebih baik, harapan kami semoga Program Studi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bisa memperoleh akreditasi unggul,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Antara menyampaikan bahwa Universitas Udayana sangat mendukung pendidikan yang ada di Fakultas Kedokteran dengan terus memberikan dukungan dari SDM maupun infrastruktur.

“Harapan kami dengan kinerja dari program studi serta didukung oleh Departemen dan para stakeholder yang lain, Program Studi Spesialis Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bisa mendapatkan nilai Unggul,” ucapnya

Selepas dibuka oleh rektor, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud mengenai gambaran umum Unit Pengelola Program Studi (UPPS), serta presentasi dari Koordinator Program Studi Spesialis Patologi Klinik, Dr. dr. Sianny Herawati, S.Ked., Sp.PK(K)., mengenai profil dari Program Studi Spesialis Patologi Klinik.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Perwakilan Direktur Utama RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah, Direktur SDM dan Akademik RS Unud, Direktur Utama RSGM Unud, Ketua LP3M Unud, Kepala USDI, Kepala Perpustakaan Unud, Direktur dan perwakilan rumah sakit jejaring, Ketua Senat Fakultas Kedokteran, Para Wakil Dekan FK Unud, Para Koordinator Program Studi, Para Koordinator Unit, dan seluruh Tim Task Force Akreditasi.

Adapun agenda asesmen pada hari pertama ini mencakup 7 hal.

1. Pertemuan tim asesor dengan pimpinan unit pengelola program studi dan wahana praktek.

2. Diskusi tim asesor dengan pimpinan unit pengelola Program Studi.

3. Tanya jawab assesor dengan SPMI (Sistem Pemjaminan Mutu Internal) dan UPPS.

4. Diskusi dengan pengguna lulusan terkait RS dan wahana pendidikan, alumni.

5. Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan tenaga kependidikan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.

6. Wawancara dan asesmen dengan mahasiswa yang mewakili semua mahasiswa dari setiap angkatan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.

7. Visitasi ke sarana dan prasarana pembelajaran dan kegiatan peserta didik. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!