Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Mahasiswa Asing Bali International Program on Asian Studies Ikuti Workshop Shopping and Balinese Attire di Unud

JARING INTERNASIONAL: Workshop on Shopping and Balinese Attire bertempat di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, Kamis, 21 September 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Program BIPAS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) selelenggarakan “Workshop on Shopping and Balinese Attire” bertempat di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, Kamis, 21 September 2023.

Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, S.S.,M.Hum selaku Koordinator Program BIPAS membuka workshop ini dengan menjelaskan bahwa acara ini merupakan rangkaian acara rutin dari BIPAS yang dilaksanakan setiap semesternya, yaitu salah satu dari dua (2) workshop wajib dan satu (1) excursion yang akan dilakukan 117 mahasiswa asing di BIPAS.

Penjelasan materi mengenai pakaian tradisional Bali dan pelatihan melakukan tawar menawar pada pasar tradisional disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. I Made Rajeg, M.Hum sebelum melepas 117 mahasiswa asing yang terbagi menjadi 6 kelompok, beserta 40 mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Udayana yang tercampur dalam kelompok tersebut, dan didampingi juga oleh 10 mahasiswa Universitas Udayana yang berperan sebagai panitia.

Setelah mendapatkan materi yang mencukupi dan pelatihan percakapan di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, masing-masing kelompok berjalan secara begantian sesuai kelompoknya menuju pasar tradisional Sanglah.

Berbekal uang tunai secukupnya, masing-masing mahasiswa secara langsung mempraktekkan kemampuan berbahasanya dengan menawar dan membeli pakaian tradisional Bali.

Seusai praktik di pasar tradisional Sanglah, seluruh mahasiswa berjalan kembali dan berkumpul pada Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar untuk mendengarkan penjelasan lebih lanjut perihal pakaian tradisional Bali sekaligus memperhatikan secara langsung peragaan bagaimana pakaian tradisional Bali dipakai, yang pada kesempatan tersebut dibantu oleh model peraga dari BIPAS.

Masing-masing mahasiswa asing BIPAS ditugaskan untuk menulis sebuah laporan tertulis perihal kegiatan workshop tersebut, untuk dikumpulkan sebelum tengat waktu hari Rabu, 27 September 2023.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa asing diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung penggunaan bahasa Indonesia dan berinteraksi secara sosial pada konteks tertentu. (imsd/bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!