Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Sembahyang Bersama di Pura Lingga Bhuana, Sekda Adi Arnawa Metemu Wirasa dengan Karang Taruna Kabupaten Badung

RANGKUL GENERASI MUDA: Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa melaksanakan persembahyangan bersama sekaligus metemu wirasa dengan Karang Taruna Kabupaten Badung di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, Jumat September 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bapak Bupati Badung, mengikuti persembahyangan bersama sekaligus metemu wirasa dengan Karang Taruna Kabupaten Badung di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, Jumat September 2023.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Badung I Ketut Sudarsana, pengurus Karang Taruna Badung, beserta Karang Taruna Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Badung.

Sekda Adi Arnawa dalam arahannya mengatakan, Kepada Karang Taruna di masing-masing wilayah, agar mulai memikirkan kedepan apa yang harus dilaksanakan, terutama berkenaan dengan masalah sosial.

Dikatakan bahwa, generasi muda sebagai tongkat estafet kepemimpinan di masa-masa yang akan datang.

Jika sudah disiapkan dari sekarang, tentu akan mudah untuk mengatasi permasalahan dari sekarang seperti lingkungan maupun masalah sosial.

“Kita semua lahir di zaman kemerdekaan, jika dilihat dari zaman sebelum kemerdekaan para pendahulu kita telah berjuang dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan kemerdekaan yang dirasakan sampai sekarang. Selanjutnya, tentu tugas kita di generasi sekarang ini yakni melanjutkan, memperjuangkan kemerdekaan dengan cara mengisi pembangunan di segala aspek termasuk masalah sosial, kemiskinan maupun SDMnya. Pemerintah Kabupaten Badung tetap mensupport kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan generasi muda, dikarenakan generasi muda  sebagai garda terdepan, dalam rangka mengatasi permasalahan sosial,“ ungkapnya.

Lanjutnya, Karang Taruna maupun Sekaa Teruna agar menyiapkan diri dalam rangka ikut mengatasi permasalahan yang ada seperti lingkungan dan stunting.

Kedepan bagaimana membangun manusia, dalam arti luas adalah bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Jika itu sudah terjaga, maka bangsa itu sendiri akan kuat.

“Kepada Karang Taruna perlu adanya forum di masing-masing Desa maupun Kelurahan, apa yang harus disiapkan dari sekarang.

Saya tugaskan Karang Taruna agar memiliki program dalam rangka ikut membantu Pemkab Badung dari segi mendata masyarakat yang kurang mampu, mendata ibu hamil, agar mendapatkan asupan nutrisi dalam rangka mengatasi masalah stunting.

Saya mengajak Karang Taruna jangan ragu lagi, apalagi kebijakan Bapak Bupati kita sangat merakyat terhadap masyarakatnya, dan kita bersama-sama melaksanakan program yang harus dilakukan, dalam rangka membangun Badung, mensejahterakan masyarakat kita di wilayah Badung,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Badung I Nyoman Adiyanto dalam sambutanya mengatakan, tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah melaksanakan persembahyangan dengan harapan mendapatkan keselamatan, kerahayuan.

Disisi lain,  Karang Taruna memberikan pengabdian kepada masyarakat di wilayah masing-masing, dalam rangka menjalankan pengabdiannya maupun amanah yang diberikan oleh masyarakat.

“Karang Taruna lahir pada Tahun 1960 di wilayah Kampung Melayu Jakarta, dari pergerakan pemuda, yang mana para pemuda peduli terhadap lingkungan, permasalahan sosial. Maka dari itu Karang Taruna diakui oleh pemerintah, disahkan oleh pemerintah dimana Karang Taruna merupakan lembaga resmi, kita juga memiliki Undang-Undang dibawah Kementerian RI sampai di tingkat Provinsi, Kabupaten sampai tingkat Desa,“ jelasnya. (nik/bp)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!