Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Adi Arnawa Sumbang Rp30 Juta di Lomba Layang Banjaran Kite Festival VI

KEARIFAN LOKAL: Sekda Adi Arnawa saat membuka lomba Layang Banjaran Kite Festival VI di Carik Manggih Banjar Banjaran Dauh Yeh Cani, Abiansemal, Minggu, 20 Agustus 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com Mewakili Bupati Badung Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa membuka Lomba Layang Banjaran Kite Festival VI yang ditandai dengan pemukulan Gong bertempat di Carik Manggih, Banjar Banjaran Dauh Yeh Cani, Abiansemal, Minggu, 20 Agustus 2023.

Turut hadir Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Kapolsek Abiansemal I Gusti Made Sudarma Putra, Danramil abiansemal, Perbekel Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani I Made Budiana, Bendesa Adat Abiansemal Dauh Yeh Cani I Wayan Sukarma, Kelihan Dinas Banjar Banjaran Ida Bagus Kawiyadnya, Kelihan Adat Banjar Banjaran I Putu Sudiana beserta peserta lomba layangan.

Sebagai bentuk dukungan dan motivasi Pemerintah Kabupaten Badung Sekda Adi Arnawa memberikan bantuan dana kegiatan kesra tingkat kabupaten sebesar Rp30 juta yang diterima langsung Ketua panitia I Dewa Made Suyadnya disaksikan langsung oleh seluruh warga.

Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dan selalu mendukung kegiatan Lomba Layang Banjaran Kite Festival VI.

“Tidak sekedar hanya kita menyelenggarakan lomba layang-layang hanya untuk penggalian dana, tetapi yang paling penting juga kegiatan ini bagian dari pelestarian adat, seni dan budaya kita. Melalui kegiatan ini mudah-mudahan generasi muda kedepannya semakin memahami kenapa kita harus membuat layang-layang, ini ada filosofi yang sangat luar biasa buat kehidupan kita bermasyarakat  di Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang positif apalagi pada zaman sekarang, tantangan sangat cukup berat mempertahankan tradisi layang-layang di tengah kemajuan teknologi.

“Masih dalam suasana perayaan HUT RI, kita harus mendorong semangat nasionalisme dan semangat persatuan serta kesatuan tapi implementasi kita wujudkan bagaimana kita selalu tetap bersatu. Mudah-mudahan kegiatan ini  akan tetap berkelanjutan terus sehingga bisa menjadi bagian dari pada warga dan pemuda-pemudi  banjar banjaran,” harap Adi Arnawa.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara I Dewa Made Suyadnya mengucapkan terima kasih kepada Adi Arnawa yang telah hadir serta membuka lomba layang Banjaran Kite Festival VI.

Dilaporkan bahwa lomba Banjaran Kite Festival diikuti 584 peserta lomba layangan dan bertujuan untuk bagaimana para pemuda dan masyarakat agar bisa mempererat rasa persatuan dan kesatuan diantara masyarakat serta dapat mengurangi waktunya dengan bermain gadget saja.

“Di samping itu juga dengan adanya kegiatan lomba layang ini supaya bisa sebagai interaksi oleh pemuda-pemudi untuk bertemu dan bersilaturahmi serta tahu cara bergotong royong, bekerja sama dan bisa saling peduli antar sesama,” ucapnya seraya berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan. (*/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!