Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas Pura Dalem Desa Adat Gerih

RITUAL: Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara Karya Melaspas, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Pedudusan Agung, Mapedana, Mapeselang Medasar antuk Tawur Balik Sumpah Utama, Pura Dalem, Pura Prajapati dan Pura Taman Dalem, di Pura Dalem Desa Adat Gerih, Senin, 21 Agustus 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Bertepatan dengan rahina Soma Wage Medangsia, Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung, menghadiri acara Karya Melaspas, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Pedudusan Agung, Mepedana, Mepeselang Medasar antuk Tawur Balik Sumpah Utama, Pura Dalem, Pura Prajapati dan Pura Taman Dalem.

Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Mas Prathama dari Griya Tegeh Abiansemal, Ida Pedanda Gede Intaran dari Griya Mas Intaran Sandan Dauh Yeh Tabanan, Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Griya Baha Watu Lumbang, Ida Pedanda Ketut Pemaron dari Griya Tarukan Pemaron Munggu, Ida Pedanda Gede Dharma Kerti dari Griya Saraswati Sukawati Batuan Gianyar, bertempat di Pura Dalem Desa Adat Gerih, Senin, 21 Agustus 2023.

Pada kesempatan tersebut, Adi Arnawa memberikan paraf pada Prasasti Pura Dalem, Desa Adat Gerih.

Turut juga dihadiri anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, I Gusti Anom Gumanti, Penglingsir Puri Satria A.A. Ngurah Oka Ratmadi, Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel se-Kecamatan Abiansemal, Jero Bendesa Adat Gerih I Made Sugiarta, beserta para pengempon pura setempat.

Ditemui seusai melaksanakan persembahyangan, Adi Arnawa mengatakan kehadiran Pemerintah Kabupaten Badung untuk ikut menyaksikan pelaksanaan upacara Karya Melaspas, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Pedudusan Agung, Mepedana, Mepeselang Medasar antuk Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Dalem, Desa Adat Gerih.

”Apa yang sudah disampaikan, bahwa memang Pemerintah Kabupaten Badung ikut menyaksikan dan mendoakan atas pelaksanaan upacara ini. Pemerintah Kabupaten Badung selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat guna melestarikan seni, budaya, adat, dan agama. Apa yang sudah disampaikan oleh manggala karya, bahwa kegiatan upacara pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih ini mengeluarkan biaya cukup besar, baik dari pengeluaran di masing-masing krama, namun termasuk dari tabungan yang dimiliki oleh desa adat, juga termasuk bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung. Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, disamping juga sebagai bentuk subakti Pemerintah Kabupaten Badung kepada Tuhan yang berstana di Pura  Dalem, Desa Adat Gerih. Semoga upacara ini berjalan dengan lancar Labda Karya Sidaning Don,“ ucapnya.

Sementara itu, Manggala Karya I Made Mustika dalam laporan menyampaikan berkenaan dengan dudonan Karya Melaspas, Ngenteg Linggih, Menawa Ratna, Pedudusan Agung, Mapedana, Mapeselang Medasar antuk Tawur Balik Sumpah Utama, yang dimulai sejak 19 Mei Tahun 2023 sampai dengan tanggal 2 Oktober Tahun 2023 dengan uraian Ngeruak Setra dan Tutug Bulan Pitung rahina Karya.

“Kami dari pengempon pura mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sekda Badung sudah ikut menyaksikan pelaksanaan upacara di Pura Dalem, Desa Adat Gerih,” ujarnya. (*/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!