Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Rumuskan Strategi Jual Babi Guling, Yuli Widra Raih Gelar Sarjana Teknologi Pertanian Unud

RESEP LARIS MANIS: Sosok Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.), Ni Made Yuli Widra Yanti yang melakukan penelitian tentang warung kuliner nasi babi guling di Tabanan, Bali. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Ni Made Yuli Widra Yanti yang kerap disapa Yuli, baru saja berhasil meraih gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.) pada Juli 2023 di Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana.

Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb dan Ir. A. A. P. Agung Suryawan Wiranatha, M.Sc., Ph.D. dengan mengangkat topik Strategi Peningkatan Kualitas Produk Rumah Makan Babi Guling di Tabanan.

Penelitian yang dilakukan adalah melakukan survei analisis kepuasan konsumen di salah satu rumah makan babi guling di Tabanan dan dua kompetitornya.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang berisikan 14 atribut mutu produk yang telah valid dan reliabel kepada konsumen yang pernah mengkonsumsi produk rumah makan babi guling Men Janji dan kedua kompetitornya.

Selain itu, dilakukan juga pengambilan data dengan melakukan wawancara kepada pemilik rumaha makan babi guling.

Yuli melaporkan strategi yang dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas produk rumah makan babi guling adalah melakukan evaluasi terhadap atribut yang memiliki nilai rasio perbaikan tertinggi yaitu atribut tampilan warna lawar, cita rasa sambal, ukuran cacahan lawar, cita rasa lawar, dan kerenyahan kulit babi guling.

“Evaluasi terhadap parameter teknis dengan nilai tingkat kepentingan teknis tertinggi yaitu penyimpanan babi guling, penyimpanan lawar, penggulingan babi, penyimpanan nasi, dan penyimpanan kuah perlu dilakukan,” ujarnya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!