Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

POLRI

Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra Bahagia Tugas di Tanah Leluhur

PUTRA DAERAH: Kapolda Bali Irjenpol Ida Bagus Kade Putra Narendra dan Kapolda Bali yang lama, Irjenpol Drs. Putu Jayan Danu Putra, foto bersama para Kapolres, Minggu, 16 Juli 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Menerima pataka Polda Bali “Sura Dwipa Sarvabhavena Tan Hana Dharma Mangrwa” Kapolda Bali yang baru, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra bahagia bisa bertugas di tanah leluhurnya.

Ungkapan bahagia itu disampaikan Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dalam prosesi penyerahan pataka di halaman depan Mapolda Bali, Minggu, 16 Juli 2023.

Farewell parade dari Kapolda Bali yang lama, Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra yang saat ini menjabat sebagai Perwira Tinggi Baintelkam Polri menyerahkan pataka Polda Bali “Sura Dwipa Sarvabhavena” kepada Kapolda Bali, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra sebagai simbol peralihan kepemimpinan.

Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra pada kesempatan yang sama menyampaikan selamat melaksanakan tugas bagi Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra.

Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra memuji selama menjabat Kapolda Bali, Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra telah memberikan banyak sumbangsih berharga bagi Polda Bali, baik dalam pengembangan organisasi maupun memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Terangnya hal tersebut merupakan prestasi luar biasa dan turut mengangkat citra Polri di mata masyarakat.

Tak lupa disebutkan bahwa berbagai keberhasilan tersebut berkat dukungan dan kerja keras Wakapolda Bali, PJU Polda Bali, para Kapolres dan seluruh personel Polda Bali.

Terbukti situasi kamtibmas selalu stabil dan bahkan tidak ada hal-hal menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polda Bali.

Selama Pandemi Covid-19, bekerja keras dengan seluruh personel jajaran Polda Bali bersinergi dengan Kodam IX/Udayana sehingga berhasil menangani pandemi dengan cepat.

Hingga Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) menganugerahkan piagam penghargaan Presisi Award kepada Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, atas kinerja Polda Bali yang dinilai sangat cepat dan tanggap dalam penanganan pandemi Covid-19. Termasuk apresiasi dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI. Ahmad Sahroni terkait penanganan pandemi Covid-19.

Polda Bali juga berhasil meraih peringkat Polda Terbaik se Indonesia dalam penganugerahan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Awards Tahun 2022, sebagai Kapolda Terbaik versi Kompolnas Awards 2022 dari Ketua Kompolnas/Menkopolhukam Mahfud MD.

Di bulan dan tahun yang sama, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra juga menerima penghargaan Anugerah Penyiaran Bali (APB) 2022 untuk kategori Tokoh Pemimpin Inovatif dalam memberikan informasi atau penyiaran terkait keamanan di Provinsi Bali.

Irjen Putu Jayan juga berhasil mengungkap berbagai kasus di antaranya, penangkapan buronan interpol, judi online, kasus perdagangan orang, narkoba dan WNA yang membuat masalah di Bali, hingga pengungkapan kasus praktek aborsi ilegal yang dilakukan oleh seorang berinisial KAW, 53, beberapa waktu lalu.

Termasuk kasus lain yang berhubungan dengan anak, sehingga Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak atau KPAI memberikan Polda Bali penghargaan, yang diserahkan langsung Ketua KPAI Arist Merdeka Sirait pada tanggal 29 Mei 2023.

Di bawah pimpinan Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Polda Bali berhasil mengamankan berbagai Konferensi Tingkat Tinggi bertaraf Internasional yang berlangsung di Bali diantaranya KTT. G20 tahun 2022 hingga mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari seluruh negara peserta dan berbagai pihak, diantaranya Dewan Pers RI.

Masih banyak lagi prestasi yang berhasil Irjen Putu Jayan raih sejak memimpin Polda Bali, hingga 21 Juni 2023 Polda Bali berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Kompolnas yaitu Nominasi 5 Besar Terbaik Polda Tipe A Kompolnas Award 2023.

Kapolda Bali baru menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Irjenpol Putu Jayan Danu Putra, beserta keluarga atas dedikasi, pengabdian, dan prestasi yang telah diberikan dalam memajukan Polda Bali sejauh ini.

“Selamat melaksanakan tugas di tempat yang, Irjen Putu Jayan Danu Putra, beserta ibu. Semoga jendral beserta ibu selalu mendapatkan perlindungan, kesehatan dan kelancaran dalam berbagai tugas. Saya berharap tali silaturahmi yang telah terjalin erat selamanya dapat selalu kita jaga,” ujar Kapolda Bali.

Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra juga mengaku sangat senang bertugas di tanah kelahirannya, Provinsi Bali.

“Penugasannya sebagai Kapolda Bali sekaligus merupakan kali pertamanya ia bertugas di Bali,” timpalnya.

Oleh sebab itu, amanah ini menjadi suatu kebahagiaan dan kebanggaan baginya dan keluarga agar dapat berdinas di tanah leluhur sendiri.

Dikatakan sejumlah daerah yang pernah menjadi tempat pengabdian Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra yakni wilayah Polda Jambi, pengasuh taruna Akpol, Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, hingga wilayah Polda Papua.

“Ini dinilai wajar terjadi bahkan di tubuh Polri sendiri. Mutasi ini sebagai upaya penyegaran agar dapat terus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” bebernya.

Perwira tinggi yang baru saja mendapat kenaikan pangkat dari Brigjen ke Irjen dan langsung menjalankan tugas menjadi Kapolda Bali itu berharap sinergitas dari Gubernur Bali, TNI, Forkopimda Bali, serta seluruh personel Polda Bali akan berjalan lancar.

Tak lupa, ia mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terima kasihnya kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Ia menegaskan, akan melaksanakan tugas yang diberikan itu dengan sebaik-baiknya.

Akhir kata, Kapolda Bali memohon doa restu dan dukungan dari Gubernur Bali, unsur forkopimda, pimpinan instansi, pejabat utama dan seluruh personel Polda Bali. Untuk diketahui, tanggal 24 Juni 2023, Putra Tabanan ini mengemban jabatan baru sebagai Kapolda Bali, yang tertuang dalam mutasi jabatan barunya, tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023.

Sebelum mengemban amanah baru menjadi Kapolda Bali pada tahun 2023, ia sempat menjabat sebagai Karoada B/J Slog Polri sejak tahun 2022.

Riwayat jabatan Brigjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, Kapolres Sorong Polda Papua 2008.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini menjadi Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah 2010.

Lalu Kapolres Semarang Polda Jateng 2011. Kabagyanhak Rowatpers SSDM Polri 2012. Karo SDM Polda Sultra 2014.

Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra SSDM Polri 2016. Karo SDM Polda Papua 2017.

Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Lemdiklat Polri 2018. Dan Karo SDM Polda Metro Jaya 2020. (sat/bp)

Back to top button

Konten dilindungi!