Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Peristiwa

Bali Host WWF, DKI Jakarta Kebanjiran

146 Rumah Terendam

WWF SEREMONIAL: Hujan lebat pada Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 06.00 WIB menyebabkan 463 jiwa dan 146 rumah terdampak banjir di DKI Jakarta.

 

JAKARTA, Balipolitika.com Berstatus sebagai tuan rumah event internasional World Water Forum 2024, Indonesia tak lantas aman dari bencana hidrologi.

Hujan berintensitas tinggi serta durasi yang cukup lama menyebabkan banjir melanda sebagian wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Sebanyak 463 jiwa terdampak akibat peristiwa yang terjadi pada Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 06.00 WIB itu.

Kejadian ini mengakibatkan enam kecamatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta, yaitu Kecamatan Jagakarsa, Kecamatan Pancoran, Kecamatan Pasar Minggu, Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Kramat Jati dan Kecamatan Penjaringan terendam air setinggi 30-200 cm.

Abdul Muhari, Ph.D., Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, tercatat sebanyak 463 jiwa dan 146 rumah terdampak banjir.

Kondisi ini berakibat terganggunya aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat pada wilayah yang terendam banjir.

Menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa wilayah Provinsi DKI Jakarta masih akan dilanda hujan lebat dengan status waspada hari ini.

“BPBD Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini masih terus melakukan pendataan dan monitoring dampak banjir ini ke aparat kecamatan dan kelurahan di daerah terdampak banjir. Kondisi mutakhir dilaporkan bahwa beberapa wilayah Kelurahan terdampak yang berada di Kecamatan Penjaringan dan Kecamatan Jagakarsa sebagian besar sudah mulai surut,” jelas Abdul Muhari. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!