Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Jelang Pemilu Serentak 2024, Polda dan AKAR Bali Gelar Silaturahmi

SEHATI: Foto bersama pihak Kepolisian Daerah Bali bersama Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Aliansi Kerukunan Anak Rakyat (AKAR) Bali menggelar silaturahmi di Warung Makan Puri Suranadi Jalan Raya Puputan No.208, Renon Denpasar, Jumat, 21 April 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Kepolisian Daerah Bali bersama Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Aliansi Kerukunan Anak Rakyat (AKAR) Bali menggelar silaturahmi di Warung Makan Puri Suranadi Jalan Raya Puputan No.208, Renon Denpasar, Jumat, 21 April 2023.

Acara itu dihadiri Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali AKBP I Wayan Sumara, S.sos., M.si., Ketua LSM AKAR Bali I Nyoman Oka Antara., SH.,MAP., Sekjen DPP Akar Bali Made Suarjana. SE. SH. S.Sos, Panit II Subdit I Ditintelkam Polda Bali I Dewa Nyoman Darma Wibawa beserta anggota.

Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali I Wayan Sumara mengatakan, pertemuan itu dalam mempererat persaudaraan.

Selain itu, ajang itu juga untuk meningkatkan sinergitas antara Direktorat Intelkam Polda Bali dengan LSM dan Ormas yang ada di Bali sehingga terjalin komunikasi berkelanjutan untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua LSM AKAR Bali Oka Antara bahwa tidak ada unsur preman apalagi bersifat seperti preman, khususnya dalam LSM AKAR. Jika itu terjadi maka dipastikan akan dikeluarkan dari kepengurusan.

Oka Antara menyebut kehadiran AKAR Bali dalam situasi seperti saat ini sangat diharapkan untuk menciptakan situasi yang aman dan sejuk di masyarakat, bukan sebaliknya.

“Ke depan jika AKAR Bali melakukan kegiatan yang melibatkan jumlah massa yang banyak dimohon informasinya kepada kami sebagai intelijen agar dapat menyampaikan kepada pimpinan kami serta dapat mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi berdampak pada situasi kamtibmas di wilayah Bali,” ujar Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali I Wayan Sumara.

Menurutnya, Polri wajib mengamankan kegiatan politik. Oleh sebab itu, tokoh politik, partai politik, dan penyelenggara pemilu diharapkan menjadi cooling system sehingga situasi perpolitikan tetap kondusif, serta memberikan arahan untuk menjaga ketertiban menjelang Pemilu 2024 sehingga tidak ada gesekan antar pendukung yang berujung pada pelanggaran tindak pidana.

Sebagai pelaksana tupoksi bidang politik, Ditintelkam Polda Bali berkewajiban memonitor dan melaporkan seluruh kegiatan politik yang dilaksanakan di Bali.

Dalam posisi tersebut LSM AKAR Bali diharapkan bersifat terbuka kepada untuk kepentingan keamanan bersama, khususnya pada Pemilu Serentak 2024.

Sementara itu, Ketua LSM AKAR Bali I Nyoman Oka Antara mengucapkan terima kasih kepada Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali.

Acara silaturahmi dengan AKAR Bali jelasnya menjadi ruang memberikan masukan untuk selanjutnya diterapkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan LSM AKAR Bali sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif.

Oka Antara merinci AKAR Bali terbentuk pada tahun 1995 sebagai bentuk kepepulian kepada daerah Kuta yang kala itu kerap terlibat bentrokan antar sesama warga lokal.

“Sehingga kami berinisiatif untuk mendamaikan situasi, sehingga seiring berjalanya waktu di mana awalnya beranggotakan orang asli Karangasem, namun sampai saat ini sudah ada di seluruh Bali,” ungkapnya.

Sekjen DPP Akar Bali, Made Suarjana menambahkan, AKAR Bali merupakan organisasi sehati atau satu tujuan untuk Bali.

Salah satu program kegiatan yang rutin dilakukan di bidang olahraga adalah menggelar kompetisi bola volly. Selain itu, pihaknya membantu masyarakat dengan memberikan bansos.

AKAR Bali yang dalam setiap program kegiatannya selaras dengan pemerintah memilih untuk bergerak tanpa pencitraan lantaran menyadari seluruh program tersebut berlandaskan rasa kemanusiaan.

“Setiap kegiatan yang kami lakukan jarang kami unggah di media sosial karena kami melakukan semua itu atas dasar kemanusiaan. Intinya kami siap bersinergi dengan Polda Bali untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dengan selalu bertukar informasi tentang perkembangan politik menjelang Pemilu 2024,” tutup Oka Antara. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!