Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Melaspas, Civitas Akademika FKP Siap Berkarya di Gedung Baru

GEDUNG BARU: Gedung Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana yang dikerjakan sejak pertengahan tahun 2022 akhirnya rampung dan siap ditempati.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Gedung Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana yang dikerjakan sejak pertengahan tahun 2022 akhirnya rampung dan siap ditempati.

Upacara ngeruwak dan peletakan batu pertama yang dilaksanakan Mei 2022 silam, menjadi awal penanda pembuatan Gedung FKP yang baru. Akhirnya pada Senin pagi, 20 Februari 2023 dilakukan upacara melaspas, yang memiliki tujuan untuk pembersihan dan penyucian tempat yang baru selesai dibangun berdasarkan budaya agama Hindu.

Upacara ini digelar agar orang yang akan tinggal di bangunan tersebut merasa aman dan tentram serta betah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Upacara melaspas dilakukan secara berbarengan dengan gedung-gedung baru yang selesai dibangun di lingkungan Universitas Udayana, seperti FKP, FKH, FEB, FH, FISIP, FK, FIB, FMIPA, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), Lecture building Rektorat, dan Gedung Kompos

Sebelum upacara melaspas, yang dilakukan terlebih dahulu adalah macaru. Hal ini memiliki tujuan untuk nedunang Bhutakala atau mengundang sang Bhutakala untuk dhaturkan sesajen.

Dengan harapan agar Bhutakala tersebut kembali ke  tempatnya masing-masing  atau mengembalikan berbagai roh-roh yang tadinya tinggal atau mendiami bangunan tersebut ke tempat asalnya. 

Kemudian menghadirkan Dewa Ghana yang diyakini sebagai Dewa Rintangan yang bertujuan untuk menghalangi hadirnya roh-roh pengganggu.

Secara simbolis, dengan selesainya upacara ‘melaspas’ yang dilakukan, maka civitas akademika FKP, baik yang terdiri dari pimpinan dekanat serta program studi, para dosen, para tenaga kependidikan, hingga mahasiswa, siap melakukan aktifitas akademik dan non-akademik di gedung baru, beriringan dengan harapan untuk dapat berkarya dan berprestasi lebih baik untuk kepentingan fakultas, universitas, dan negara Indonesia. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!