Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Teliti Petani Bawang Putih di Buleleng, Dosen Undiksha Raih Gelar Doktor FEB Unud

GELAR AKADEMIK: Kamis 12 Januari 2023, Promovendus Komang Krisna Heryanda, S.E., M.M. menyampaikan disertasi berjudul Analisis Kesejahteraan Petani Bawang Putih di Kabupaten Buleleng. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Kemiskinan mayoritas ditemukan pada masyarakat yang penduduknya menggeluti pekerjaan di sektor pertanian.

Pendapatan menjadi masalah utama di sektor pertanian yang disebabkan tidak efisiennya penggunaan sumber daya dalam proses produksi mengakibatkan hasil yang diperoleh lebih rendah dari sumber daya yang dikeluarkan oleh petani selama proses produksi (Hinderink & Sterkenburg, 1985; JettéNantel et al., 2011; Wortmann-Kolundzija, 2019).

Ketidakefisienan dalam penggunaan sumber daya dikarenakan teknik pertanian yang diterapkan petani masih tradisional, sehingga sumber daya yang telah dihabiskan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh petani.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Kamis 12 Januari 2023, Promovendus Komang Krisna Heryanda, S.E., M.M. menyampaikan disertasi berjudul Analisis Kesejahteraan Petani Bawang Putih di Kabupaten Buleleng. 

Tujuan dari disertasi ini adalah menganalisis peran pemerintah, kelembagaan petani dan kompetensi petani terhadap kemampuan adopsi teknologi informasi dan kinerja usahatani serta kesejahteraan petani bawang putih di Kabuapten Buleleng.

Hasil penelitian dari promovendus adalah kesejahteraan petani bawang putih di Kabupaten Buleleng dapat diwujudkan melalui usaha sosial dan lembaga dalam membantu petani meningkatkan kesejahteraan.

Usaha sosial tersebut berasal dari peran pemerintah sebagai fasilitator dan kelembagaan petani dalam menjalankankan fungsinya.

Selain itu peningkatan kesejahteraan petani dapat dilakukan dengan peningkatan kompetensi petani dalam hal perencanaan, eksekusi, evaluasi maupun penjualan pasca panen.

Sidang promosi doktor ini dilaksanakan secara offline, di mana promotor dari promovendus ini adalah Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E., M.S., serta Kopromotor Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi,S.E., M.P. dan Kopromotor II, Dr. Ida Bagus Purbadharmaja, S.E., M.P.

Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koprodi, Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P.

Promovendus merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha.

Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat sangat memuaskan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!