Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Mahasiswa S3 FEB Unud Teliti Layanan Air Minum di Karangasem

GELAR AKADEMIK: Promovenda I Gusti Ayu Lia Yasmita, S.T.,S.E., M.Si.mengangkat tema Determinan Keberlanjutan Layanan Air Minum Berbasis Masyarakat Dan Kearifan Lokal di Kabupaten Karangasem.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Air minum merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia.

Hal yang menjadi konstrain dalam pemenuhan air minum di masyarakatadalah dengan menyediakan sistem pengelolaan yang baik.

Kabupaten Karangasem sebagai lokasi penelitiaan saat ini dengan jumlah cakupan layanan PDAM tahun 2021 sebesar 53 persen, dengan cakupan layanan PDAM paling rendah di antara kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Merespons kondisi tersebut, Promovenda I Gusti Ayu Lia Yasmita, S.T.,S.E., M.Si.mengangkat tema Determinan Keberlanjutan Layanan Air Minum Berbasis Masyarakat Dan Kearifan Lokal Di Kabupaten Karangasem.

Penelitian ini bertujuan menganalisis partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi, mutu modal manusia, implementasi danu kerthi, GCG, dan keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat di Kabupaten Karangasem.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi, mutu modal manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap GCG; 2) partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat, namun mutu modal manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat; 3) pengaruh GCG memediasi variabel partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi dan mutu modal manusia, dengan jenis full mediation; 4) variabel implementasi danu kerthi memoderasi positif dan signifikan terhadap variabel mutu modal manusia keberlanjutan layanan.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara offline, di mana Promotor dari Promovenda ini adalah Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P., serta Kopromotor Dr. Made Heny Urmila Dewi S.E., M.Si. dan Kopromotor II adalah Dr. Nyoman Mahaendra Yasa, S.E., M.Si. Ujian ini dipimpin oleh Ibu Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Ibu Koprodi, Ibu Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P. Promovenda merupakan Dosen Universitas Tabanan dan berhasil lulus ujian dengan predikat memuaskan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!