Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Mahasiswa Australian Catholic University Dikenalkan Kuliner Khas Bali

MENGENAL BUDAYA: KUI bersama FTP Unud gelar Gastronomy Program untuk mahasiswa asing dari Australian Catholic University, 31 Januari 2023 hingga 1 Februari 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Kantor Urusan Internasional (KUI) bersama dengan Fakultas Teknologi Pertanian menggelar Gastronomy Program bertajuk Balinese Traditional Cuisine Gastronomy Class yang dilaksanakan 2 hari pada 31 Januari–1 Februari 2023 di Kantor KUI Denpasar dan Lab Pangan FTP.

Gastronomy class ini diikuti 7 orang mahasiswa dari Australian Catholic University (ACU) yang dipimpin oleh Dr. Sharon Croxford selaku dosen dari ACU.

Acara ini dimulai dari sambutan para mahasiswa asing oleh Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., IPM selaku Koordinator KUI yang kemudian dilanjutkan pengenalan makanan-makanan tradisional Bali yang dibawakan oleh dosen FTP.

Setelah mahasiswa diberikan pengetahuan dan informasi ini acara kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat jaja begina dan jaja uli.

Praktik ini dilaksanakan di Lab Pangan milik FTP. Kemudian mahasiswa berkesempatan mencicipi hasil praktik mereka masing-masing.

Hari kedua dimulai dengan membuat sate lilit, para mahasiswa diajarkan bagaimana cara melilit sate dengan baik serta diberikan penjelasan mengenai makanan yang terkenal ini. Selain sate lilit juga diajarkan membuat jukut urab dan ayam sisit. Untuk menyajikan makanan mahasiswa diajarkan membuat tempat makanan tradisional berupa takir.

Pada akhir acara mahasiswa berkesempatan memberikan testimoni mereka ketika melaksanakan class ini selama 2 hari.

Para mahasiswa dan juga Dr. Sharon sangat berterima kasih pada Unud karena memberikan pengalaman yang luar biasa dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti.

Mereka berharap dapat mendapat kesempatan lagi nantinya untuk praktik membuat makanan tradisional Bali yang lain. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!