Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Tonton 1.007 Bonsai Raih Doorprize Rumah Gratis

ADU KEBERUNTUNGANMU: Pemkot Denpasar bersinergi dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar menggelar Kontes dan Pameran Bonsai Nasional bertajuk “Tge Max 30 Cm 2022”, 16-25 Desember 2022 di Lapangan Lumintang Denpasar.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pemkot Denpasar bersinergi dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar menggelar Kontes dan Pameran Bonsai Nasional bertajuk “The Max 30 Cm 2022”, Selasa, 20 Denpasar di Lapangan Lumintang Denpasar.

Kegiatan ini dibuka langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan pemotongan pita dan penancapan bendera pada pohon bonsai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar yang telah menyelanggaraan kontes dan pameran bonsai The Max 30 cm” ini yang bertepatan juga dengan pelaksanaan Denpasar Festival 15. Berarti ini sudah ada kolaborasi antara asosiasi dengan Pemkot Denpasar,” ungakapnya.

Imbuhnya, pameran bonsai menjadi satu hiburan bagi masyarakat Denpasar dan juga edukasi tentang seni pohon bonsai.

Ke depan diharapkan para penggemar bonsai ini bisa berkolaborasi dengan kegiatan Denfest agar masyarakat Denpasar juga bisa merasakan dan ikut serta melestarikan tanaman bonsai ini yang juga memiliki unsur budaya di dalamnya.

Ketua PPBI Kota Denpasar, I Wayan Suka mengatakan ribuan bonsai dipamerkan dalam event ini. Yang dipamerkan bukan sekadar tanaman, tapi juga ada kreasi seninya.

Jumlahnya sekitar 1.007 bonsai dipamerkan di Lapangan Lumintang Denpasar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Kota Denpasar mulai 16 sampai 25 Desember.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga dari luar negeri, antara lain Vietnam.

Adapun ukuran bonsai harus maksimal tinggi 30 sentimeter karena dari nama acaranya Bonsai The Max 30 cm dan bentangnya satu meter.

Menariknya, doorprize merebutkan rumah di Jembrana. Pohon yang dipamerkan adalah budidaya yang bertujuan melestarikan alam.

“Kami ingin mengenalkan bonsai serta edukasi pelestarian alam dan melestarikan lingkungan serta menghindari kerusakan alam,” ungkapnya.

Jenis tanaman yang ada di antaranya Sancang, Sianci, Cemara, Santigi. Harganya sangat fantastis sampai Rp 500 juta.

“Harapan kami setiap tahun berikutnya lebih bertambah, event pertama 745. Sekarang event meningkat tembus 1000,” ujarnya.

Pameran bonsai ini dibagi dalam tiga kategori lomba, yakni prospek, madya, dan pratama. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!