Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

LP3M Unud Gelar Workshop Menuju Akreditasi Internasional

AKREDITASI INTERNASIONAL: Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Udayana (LP3M Unud) gelar workshop “Kurikulum Integrasi Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan dalam RPS dan SIMAK”, Kamis, 20 Oktober 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Udayana (LP3M Unud) gelar workshop “Kurikulum Integrasi Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan dalam RPS dan SIMAK”, Kamis, 20 Oktober 2022.

Workshop ini dihadiri para Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan I, Wakil Direktur I, UP3M, Koprodi, dan TPPM menuju Akreditasi Internasional, Tim Task Force FIBAA, AUN-QA, IABEE, ASIN, dan Tim LP3M.

Sekretaris LP3M Unud Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA selaku Ketua Panitia Workshop menyampaikan bahwa tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran umumnya diukur melalui proses penilaian untuk setiap mata kuliah yang dibebankan pada setiap prodi.

Selanjutnya tingkat keberhasilan tersebut dinyatakan dalam bentuk nilai angka maupun huruf yang kemudian ditransfer menjadi indek prestasi semester atau indeks prestasi komulatif.

Pendekatan seperti ini belum menggambarkan secara riil tingkat keberhasilan mahasiswa bila dikaitkan dengan capaian pembelajaran lulusan yang dirumuskan di dalam standar kompetensi lulusan pada prodi yang mencakup ranah kognitif, psikomotor, dan afektif.

Dengan demikian, selain dengan ukuran IP, tentunya perlu dibuatkan mekanisme untuk mengukur ke tiga ranah tersebut, sehingga dapat digunakan sebagai indikator untuk menunjukkan keberhasilan mahasiswa menempuh studinya sehubungan dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan.

Untuk itu, setelah mengikuti workshop ini diharapkan ada penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Dalam hal itu, perlu diuraikan bagaimana mekanisme atau teknik untuk menilai CPL tersebut dan nantinya setelah pembelajaran komulatif dapat kelompokkan dengan mata kuliah keseluruhan bisa mendapatkan ukuran capaian pembelajaran lulusan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU menyampaikan penyelenggaraan workshop dalam rangka menyamakan persepsi, terutama pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dari standar nasional pendidikan tinggi yang diukur dengan indeks prestasi lulusan mahasiswa.

Dalam pelaksanaan akreditasi internasional sering diminta yang lebih detail tentang pengukuran CPL tersebut.

“Jadi perlu adanya kesamaan persepsi, walaupun nanti ternyata melebihi standar nasional, apalagi kita beranjak menuju internasionalisasi,” ujar Wakil Rektor.

CPL, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) tersebut di SIMAK juga akan diintegrasikan. Hal ini dilakukan untuk Prodi dari Fakultas Teknik, FTP, dan diharapkan LP3M beranjak menuju semua prodi untuk dilakukan integrasi CPL, CPMK-nya di SIMAK Universitas Udayana.

Harapannya ouput yang dihasilkan dalam pertemuan ini adalah pengukuran CPL yang berstandar Internasional.

Workshop ini menghadirkan narasumber Maria Hidayati, S.S.,M.Pd., dari Universitas Negeri Malang dan I Made Arsa Suyadnya, ST.,M.Eng dari Tim USDI Universitas Udayana. (bp/www.unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!