Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Dharma Santi Nasional PHDI Pusat Digelar di Gedung DPR

Momen Rekonsiliasi Tokoh Hindu Tanah Air

SANTHI LAN JAGATDITHA: Sekretaris Umum (Sekum) Panitia I Komang Koheri SE yang juga Anggota DPR RI Komisi VIII mengajak umat Hindu ikut menyukseskan Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat.

 

JAKARTA, Balipolitika.com – Sekretaris Umum (Sekum) Panitia I Komang Koheri SE yang juga Anggota DPR RI Komisi VIII mengajak umat Hindu ikut menyukseskan Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat. Acara itu akan menjadi sejarah baru bagi umat Hindu mampu menggelar Dharma Santi Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di Aula Gedung Nusantara IV DPR RI, Kompleks Senayan, Jakarta, pada Minggu, 10 April 2022. Pertama kali digelar di DPR sejak 62 tahun PHDI berdiri.Termasuk baru saja berhasil diresmikan Gedung Kantor PHDI yang megah untuk optimalkan pelayanan kepada umat Hindu.

Pada acara itu yang mengusung tema “Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh”, dapat menguatkan persatuan dan kebersamaan umat Hindu dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara. “Momen ini, bisa jadi rekonsiliasi tokoh-tokoh Hindu dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing secara nasional dan global,” ujar Koheri di Jakarta, Rabu (6/4/2022). Upaya itu dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi, umat Hindu mampu beradaptasi tanpa meninggalkan ajaran-ajaran leluhur dan sastra Veda.

Dharma Santi Nasional adalah salah satu upaya umat Hindu dalam mendukung program pemerintah yaitu mewujudkan toleransi dan moderasi beragama, demi tercipta kehidupan yang rukun dan damai, sebagai landasan untuk mencapai Indonesia Tangguh. Kegiatan itu mengundang Presiden Jokowi, sebelumnya panitia telah bertemu Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Dikatakan pula, Dharmasanti Nasional merupakan acara simakrama/silahturahmi yang dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat Umat Hindu, tokoh-tokoh umat beragama, pejabat negara baik Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan Bhakti Sosial “Pelaksanaan Vaksin Booster Massal Untuk Umum” Minggu (20/3/22) bertempat di Pura Kertajaya Tangerang, yang merupakan kerjasama Panitia Dharma Shanti Nasional PHDI Pusat dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Yayasan Vidya Kertaya, dan PHDI Provinsi Banten serta RS Mayapada (untuk Cek Gula Darah Gratis).

Berikutnya adalah pelaksanaan Simakrama Kebangsaan bertempat di Pura Gunung Salak, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (26/03/22), yang merupakan kerjasama Panitia Dharma Shanti Nasional dengan Kampus STAH DN Jakarta dan MPR RI. Begitu juga Bhakti Sosial, berupa pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu di Jabodetabek, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu (03/04/22) bertempat di Wantilan Pura Rawamangun, Jakarta Timur. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!