Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Koster: Celukan Bawang dan Gilimanuk Harus Tiru PLTS Tol Bali Mandara

GREEN ENERGY: Sambut KTT G20, Gubernur Bali, Wayan Koster dalam Ground Breaking PLTS di Jalan Tol Bali Mandara, Sabtu (5/3/2022)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Peletakan batu pertama pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara digelar, Sabtu (5/3/2022). Direktur Bisnis PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Reza Febriano, Direktur Pengembangan Usaha PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, Rafli Yandra, Komisaris Utama PT Jasa Marga Bali Tol, Bagus Cahya Arinta, Direktur Utama PT. Bukit Energi Investama, Zulfarli, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bali, Nusakti Yasa Weda, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana hadir langsung di lokasi.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi dukungan serta sinergitas dari BUMN dalam mengakselerasi terwujudnya Bali energi bersih sesuai Peraturan Gubernur Bali No. 45 Tahun 2019 melalui pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara. “Dengan penggunaan energi bersih, maka diharapkan udara yang dihirup semakin bersih, polusi udara juga akan berkurang dan tingkat kesehatan masyarakat bisa meningkat,” ujarnya.

Ia berharap pembangunan PLTS Tol Bali Mandara diikuti oleh pembangkit listrik di Celukan Bawang dan di Gilimanuk. Keduanya diharapkan segera dapat beralih menggunakan energi yang ramah lingkungan secara bertahap dan tidak lagi menggunakan pembangkit yang bersumber dari batubara atau fosil.

Koster juga meminta PLTS di Jalan Tol Bali Mandara dibangun dengan menggunakan ornamen budaya Bali. “Jalan tol yang merupakan akses pintu masuk menuju Kota Denpasar, Nusa Dua, dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai betul-betul menampilkan wajah budaya Bali di setiap bangunan yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Direktur Bisnis PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Reza Febriano menjelaskan Jalan Tol Bali Mandara akan mendukung Presidensi G20 Tahun 2022. Untuk memenuhi operasional keseharian jalan tol dihadirkan infrastruktur yang ramah lingkungan berupa PLTS. Berkapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp) dimulai dari GT Ngurah Rai yang selanjutnya akan diteruskan ke dua GT lainnya, yaitu GT Nusa Dua dan GT Benoa. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!