Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

PendidikanSosial

Unud Siapkan 6.000 Kamar Kos untuk Mahasiswa Baru

MASUK ASRAMA: (kiri ke kanan) Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Ristek Chatarina Muliana Girsang, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dan Wakapolda Bali, Brigjen Pol I Ketut Suardana dalam Groundbreaking Udayana Integrated Student Dormitory, Selasa (22/2/2022).

 

 

JIMBARAN, Balipolitika.com- Tanggal cantik 22-02-2022 begitu spesial bagi Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU. Di tanggal cantik ini Unud memulai proyek prestisius pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory. Calon mahasiswa baru Unud kini tak perlu bingung saat memulai perkuliahan di kampus tertua di Provinsi Bali itu. Menjawab persoalan tempat tinggal, Prof. Antara melakukan groundbreaking Udayana Integrated Student Dormitory berkapasitas 6.000 tempat tidur, Selasa (22/2) pagi. Peletakan batu pertama megaproyek pertama di Indonesia itu disaksikan langsung Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Ristek Chatarina Muliana Girsang, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, dan Wakapolda Bali, Brigjen Pol I Ketut Suardana.

Prof. Antara mengatakan pembangunan tersebut bertujuan memfasilitasi mahasiswa baru dalam memperoleh lingkungan tempat tinggal yang terjangkau, bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk kelancaran dalam mengikuti proses belajar mengajar.

“Udayana Integrated Student Dormitory merupakan asrama mahasiswa yang dilengkapi berbagai sarana penunjang sebagai fasilitas pendukung kawasan kampus terpadu Unud di wilayah Jimbaran. Udayana Integrated Student Dormitory siap dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar yang berlokasi di Jalan Raya Kampus Unud, Bukit Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Adapun pemanfaatan lahan ini dilaksanakan melalui kerja sama pemanfaatan barang milik negara.

Demi menjamin aspek keamanan dan kenyamanan dalam merealisasikan Udayana Integrated Student Dormitory, pihak Unud juga telah melakukan uji kelayakan alias feasibility study pembangunan asrama mahasiswa beserta sarana penunjang sebagai fasilitas pendukung kawasan terpadu Unud pada tahun 2021 lalu. Dengan demikian, nantinya tujuan dan fungsi positif dari pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory ini dapat dirasakan oleh publik.

Udayana Integrated Student Dormitory akan terbagi dalam 22 tower dengan total kapasitas 6.000 tempat tidur dengan klasifikasi single room, split double room, double room, triple room, four- student room, dan suites. Di setiap kamar telah dirancang dan dilengkapi dengan full furniture. Guna menunjang efektivitas kegiatan mahasiswa, selain unit kamar maka Udayana Integrated Student Dormitory juga dilengkapi dengan kafetaria, mini market, ruang serbaguna, ruang bersama, fasilitas olahraga (indoor dan outdoor), dan area parkir.

Prof.Antara mengaku pihaknya telah mempertimbangkan dengan matang agar pembangunan Udayana Integrated Student Dormitory tidak memberikan efek negatif terhadap isu kesejahteraan masyarakat sekitar. Ia menegaskan bahwa keberadaan Udayana Integrated Student Dormitory ini hanya memfasilitasi mahasiswa baru dalam 1 tahun pertama berkuliah di Unud. Setelah 1 tahun berjalan, Udayana Integrated Student Dormitory akan digunakan oleh mahasiswa baru angkatan selanjutnya. Oleh karenanya mahasiswa terdahulu harus mencari tempat tinggal berupa kos-kosan milik masyarakat sekitar.

Udayana Integrated Student Dormitory dijadwalkan rampung pada 31 Agustus 2022. Prof. Antara beserta jajaran berharap seluruh sivitas akademika Universitas Udayana dan masyarakat umum memberikan doa restu dan dukungan moral agar pembangunan asrama berlantai 4 tersebut berjalan lancar sesuai rencana. “Semoga Udayana Integrated Student Dormitory senantiasa dapat memberikan manfaat positif bagi para mahasiswa yang tengah menempuh studi di lingkungan Unud dan juga bagi masyarakat Bali dan Indonesia,” tutupnya. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!