Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Pandemi, Undiksha Siapkan 4.625 Kursi untuk Mahasiswa Baru

Pandemi, Undiksha Siapkan 4.625 Kursi untuk Mahasiswa Baru

 

SINGARAJA, Balipolitika.com– Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2022/2023. Kali ini Undiksha menyiapkan kuota sebanyak 4.625 kursi. Baik itu untuk jenjang Diploma III hingga Program Doktor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I., mengatakan Undiksha sangat siap menyambut pendaftaran dan berbagai tahapan lainnya. Undiksha akan menggelar open house pada Kamis, 17 Februari 2022 sebagai ruang akses informasi bagi siswa SMA/SMK/sederajat se-Indonesia.

Tahun ini ada 3 jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka. Yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), dan Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM).

Jalur SNMPTN dibuka mulai Senin (14/2/2022) hingga Senin (28/2/2022) mendatang. Proses penerimaan dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id. Pada jalur SNMPTN, Undiksha menyiapkan 30 persen dari total kuota yang tersedia.

Sementara jalur UTBK-SBMPTN akan dibuka pada pada 25 Maret–15 April 2022 mendatang. Kuota jalur ini sebanyak 40 persen dari total kursi yang tersedia.

Sementara itu jalur SMBJM dibuka dua tahap. Yakni SMBJM minat bakat khusus bagi calon mahasiswa Diploma III. Pendaftaran jalur ini dibuka mulai Senin (21/2/2022) pekan depan hingga 16 April 2022. Proses pendaftaran dilakukan melalui laman http://penerimaan.undiksha.ac.id.

Sedangkan SMBJM melalui jalur Computer Based Test (CBT) akan dibuka pada 4 Mei hingga 24 Juni 2022. Pendaftaran juga dilakukan melalui laman yang sama. pendaftaran melalui laman yang sama. Kuota jalur ini sebanyak 30 persen dari kuota total.

“Kami berharap para calon mahasiswa baru dapat memperhatikan jadwal ini dan tentunya dapat memilih Undiksha sebagai tempat kuliah,” kata Rasben Dantes saat ditemui di Undiksha, Senin (14/2).

Dalam rangka mendukung kelancaran akses informasi calon mahasiswa baru, Undiksha telah mempersiakan laman khusus yakni https://undiksha.ac.id/pmb/. Sementara akses informasi terkait peluang beasiswa, disampaikan melalui lama https://undiksha.ac.id/kemahasiswaan/beasiswa/ .

Khusus jenjang pascasarjana proses pendaftaran akan dibuka pada 1 Maret hingga 15 Juli 2022 mendatang. Seleksi masuk dilakukan melalui portofolio yang diajukan pelamar.

Saat ini Undiksha memiliki delapan fakultas. Yakni Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, dan Fakultas Kedokteran.

“Pelamar dapat mencermati pilihan bidang studi yang tersedia. Perlu diingat, Undiksha bukan hanya menawarkan bidang studi kependidikan. Tapi juga non kependidikan,” tutup Rasben. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!