Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

Golkar Bali Siap Bagi 30.000 Bibit Alpukat Hass dan Cuba Gratis

AYO JADI PETANI: Penyuluhan, sosialisasi, dan penyerahan bibit alpukat kepada kelompok tani Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Buleleng.

 

BULELENG, Balipolitika.com- Komitmen Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Bali untuk mewujudkan keseimbangan baru struktur perekonomian Pulau Dewata ke depan bisa dilihat. Tahap pertama hingga akhir Januari 2022, Golkar salurkan 20.000 bibit alpukat jenis Hass dan Cuba di 20 desa dan 150 kelompok tani tersebar di kabupaten Buleleng, Jembrana, dan Tabanan. Ketua DPD 1 Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry mengatakan pada tahap kedua penyaluran bibit mulai awal April 2022 direncanakan pendistribusian 30.000 bibit alpukat jenis yang sama.

Sugawa Korry menjelaskan bibit alpukat jenis Hass dan Cuba dipilih bukan tanpa sebab. Jenis alpukat ini dipilih karena saat ini Indonesia setiap minggu mengimpor paling tidak 8 sampai 10 kontainer jenis alpukat ini dari luar negeri.

Harganya cukup tinggi di toko-toko buah atau supermarket. Pernyataan Sugawa Korry ini dipertegas Jro Tesan, Ketua Badan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani Golkar Bali serta Dewa Made Suamba Negara, Komang Agus Satuhedi dan Mohammad Khadafi di sela-sela penyuluhan dan sosialisasi di Kabupaten Tabanan.

Jro Tesan menjelaskan bahwa setelah bibit ini ditanam oleh petani melalui kelompok-kelompok tani selanjutnya akan terus dipantau dan dibina. Setelah tumbuh baik akan diberikan pelatihan untuk mengokulasi mata stek yang khusus diberikan kepada petani. Masing-masing pohon juga akan didaftarkan dalam registrasi pohon di dinas terkait untuk diberikan semacam barcode.

“Kami berharap dalam dua tahun sudah mulai panen dan petani menikmati harga yang lebih baik,” ucapnya.
Dewa Made Suamba Negara dan Komang Agus Satuhedi menyambut gembira respons kelompok-kelompok tani dan petani. Ungkapnya sampai saat ini sudah sangat banyak yang mohon segera mendapat bantuan bibit alpukat. Merespons antusiasme tersebut Golkar Bali akan segera mengatur jadwal mulai awal april dengan 30.000 bibit.

Lebih lanjut, Sugawa Korry menambahkan untuk mendorong peningkatan peran sektor pertanian, kemudian dikaitkan dengan sempitnya lahan yang dimiliki petani, maka Golkar Bali membantu petani dengan jenis-jenis pohon yang produknya bernilai dan berkualitas tinggi. Sebelum pengembangan alpukat, Golkar Bali juga telah membantu 30.000 stek bibit vanili yang disebar ke seluruh Bali, dan sekarang di seluruh Bali telam tumbuh dan berkembang budidaya vanili yang sangat baik.

“Mulai tahun depan vanili Bali produksinya akan berkembang pesat,” ujarnya sembari menegaskan bantuan yang diberikan Golkar Bali bersifat gratis disertai dengan pelatihan kepada petani-petani di seluruh pelosok Bali. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!