Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

TPPKK Badung Bimtek Urban Farming ke DKI Jakarta

KUNKER: Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung bersama TP. PKK Kab. Badung melaksanakan bimbingan teknis orientasi lapangan ke DKI Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024. (Sumber: Humas Badung)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Menghadapi pertumbuhan populasi yang  pesat dan  keterbatasan lahan di wilayah Kabupaten Badung, menjadi tantangan Pemerintah mencari alternatif kreatif untuk memenuhi dan menyediakan makanan serta mengatasi tantangan ketahanan pangan kedepan.

Upaya strategis tersebut bertujuan untuk merumuskan program Pemberdayaan Masyarakat dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal dengan memanfaatkan Lahan Pekarangan.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung bersama TPPKK Badung melaksanakan bimbingan teknis orientasi lapangan ke DKI Jakarta, Kamis, 30 Mei 2023.

Rombongan dipimpin langsung Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana didampingi Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Bali I Made Rai Yasa, Ketua TPPKK Badung Seniasih Giri Prasta beserta jajaran TPPKK serta pendamping dari Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas terkait dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang.

Kehadiran rombongan Kabupaten Badung disambut langsung Kepala Balai BPSIP Jakarta Muhammad Alwi Mustaha, Kabid Pertanian pada Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya bertempat di Aula Alpukat Cipedak, Jalan Raya Ragunan, No 30, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai BPSIP Jakarta Muhammad Alwi Mustaha beserta jajarannya karena telah memberikan ruang dan kesempatan kepada peserta study tiru untuk belajar dan menambah wawasan.

“Melalui kunjungan ini kita ingin belajar tentang bagaimana warga Jakarta bisa bertahan memanfaatkan lahan-lahan pekarangan mereka untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri, karena tantangan kita kedepan di Bali dan di Badung khususnya, lahan-lahan pertanian akan terus semakin berkurang di sisi lain lahan perkantoran terus meningkat jumlahnya,” jelasnya sembari minta dukungan kepada ibu-ibu TPPKK agar bisa mengambil langkah-langkah strategis memanfaatkan lahan urban farming untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga masyarakat itu sendiri.

Selanjutnya Ketua TPPKK Kabupaten Badung Seniasih Giri Prasta merasa antusias serta apresiasi kegiatan ini sebagai bekal TPPKK bergerak melalui Taman Hati PKK di Kabupaten Badung dengan pemanfaatan lahan kosong/halaman rumah dan juga sebagai upaya penghijauan yang hasilnya dapat bermanfaat menjadi sumber pangan keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar.

Untuk meningkatkan wawasan, rombongan melaksanakan orientasi langsung ke Kelompok Tani D’SHAFA, JI. Terate Putih Raya RW 04 Kel. Malaka Sari Kec. Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur yang disambut baik oleh Ketua Kelompok Wanita Tani P4S Ibu Haryati. (bp/gk)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!