Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Kicau Mania Padati Lomba Burung Semarak HUT ke-253 Gianyar

KICAU MANIA: Kabid Perbibitan dan Produksi Peternakan Dinas Pertanian Dinas Kabupaten Gianyar Anak Agung Parwata memberikan piala kepada juara lomba burung berkicau di Bumi Perkemahan Mawang Ubud, Gianyar, Minggu, 21 April 2024.

 

GIANYAR, Balipolitika.com Semarakkan HUT ke-253 Kota Gianyar, panitia menggelar lomba burung berkicau di Bumi Perkemahan Mawang Ubud, Gianyar, Minggu, 21 April 2024.

Setidaknya 700 lebih burung berkicau yang terdiri atas 14 jenis ikut beradu kicauan untuk menjadi yang terbaik dan dinilai oleh Dewan Juri dari Oriq Jaya.

Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau I Made Sueta mengatakan sebanyak 14 jenis burung dilombakan di beberapa kelas.

Ada burung Murai Batu, Anis Merah, Kacer, Love Bird, Hwamei, Cendet, Kacer, Cucak Ijo, SRDC, Kenari, Hwamei, Poho, Kacer, dan lainnya.

Diyakini lomba ini mampu membangkitkan UMKM masyarakat, seperti pedagang sekitar, penjual pakan burung, penjual sangkar, maupun penjual burung.

“Harga burung mulai ratusan ribu hingga puluhan juta, mungkin ada yang ratusan juta,” ungkap Sueta.

Harapannya, semakin banyak kicau mania yang ikut melombakan burungnya.

“Kami tidak hanya berlomba tapi juga silaturahmi dan sharing antar sesama penghobi sehingga lebih tahu cara merawat burung,” ungkap Sueta.

Peserta lomba, Agus dari Komunitas Burung Poho mengaku senang ikut lomba.

Selain bisa berlomba, ia juga bertemu dengan sesama penghobi burung.

“Bertemu dengan teman sehobi, bercerita tentang burung sambil melombakan burung. Syukur dapat juara, namun yang terpenting bisa sharing dengan sesama penghobi,” ungkap Adi.

Lomba burung serangkaian HUT Kota Gianyar yang ke-253 kali ini dibuka oleh Kabid Perbibitan dan Produksi Peternakan Dinas Pertanian Dinas Kabupaten Gianyar Anak Agung Parwata.

Dirinya berharap lomba burung kali ini dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama penghobi burung disamping juga menyemarakkan Hari Jadi Kota Gianyar.

“Harapan saya lomba ini dapat berjalan dengan aman dan lancar karena yang terpenting dalam lomba burung adalah mempererat tali persaudaraan dan sportivitas. Atas nama Pemerintah Kabupaten Gianyar saya mengucapkan terima kasih kepada semua kicau mania yang sudah memeriahkan HUT ke-253 Kota Gianyar. Selamat Berlomba jaga sportivitas,” pungkasnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!