Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Jaya Negara Tokoh Penggerak Literasi Nasional

Wujudkan Masyarakat Berpengetahuan

LAWAN KEBODOHAN: Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba dalam puncak Festival Literasi di Ruang Taksu Darma Negara Alaya, Denpasar, Selasa, 26 Maret 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Puncak Festival Literasi Denpasar ke-4 Tahun 2024 sinergitas Pemkot Denpasar dan Nyalanesia berlangsung dengan berbagai agenda acara di Ruang Taksu, Dharma Negara Alaya, Denpasar, Selasa, 26 Maret 2024.

Puncak acara diisi dengan kegiatan diantaranya pentas seni yang dipersembahkan para pemenang lomba-lomba, hingga pembacaan puisi “Nafas Perjuangan” oleh Bunda Literasi Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara sebagai tokoh penggerak literasi nasional yang diterima Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan penganugerahaan kepada Bunda Literasi Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara sebagai tokoh penggerak Literasi Kota Denpasar oleh Founder Nyalanesia, Lenang Manggala.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua GOW Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, pimpinan OPD tekait, serta para siswa sekolah dan guru.

Wali Kota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Alit Wiradana menyampaikan kegiatan literasi sangat penting dalam menumbuhkan budaya literasi siswa dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dalam meningkatkan gemar membaca dan menumbuhkan budaya literasi siswa, serta memotivasi mereka dalam berkreasi dan berinovasi menggunakan cipta, rasa, dan karsa yang dimiliki secara produktif dan kreatif sehingga mewujudkan masyarakat berpengetahuan,” ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihak, khususnya panitia Nyalanesia atas konsistensinya dalam upaya meningkatkan budaya gemar membaca dan literasi di Kota Denpasar, khusunya literasi di tingkat sekolah.

“Kami berharap kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan dalam menumbuhkan budyaa literasi kepada generasi muda bahkan menciptakan kompetisi lebih inovatif dan beragam sehingga diperoleh karya-karya yang dapat menginspirasi masyarakat. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba,” ujarnya.

Bunda Literasi Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengajak seluruh generasi muda untuk terus berkarya dan meningkatkan gemar membaca dan membudayakan literasi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sinergitas bersama Nyalanesia yang telah melaksanakan Festival Literasi Denpasar, dan ini juga menjadi motivasi bagi kami, Bunda Literasi yang ada di tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan untuk terus bergerak membudayakan literasi,” ujarnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!