Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Jaya Negara Jalan Santai Bersama Penyandang Tunanetra

HUT Ke-29 DPC Pertuni Denpasar

KOTA INKLUSI: Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-29 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Denpasar, Sabtu, 16 Maret 2024. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri jalan santai serangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-29 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Denpasar yang dipusatkan di Graha Nawasena Rumah Harapan, Sabtu, 16 Maret 2024.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan momentum untuk memperingati tonggak sejarah organisasi yang berkomitmen memperjuangkan hak-hak penyandang tunanetra di Indonesia.

Pelaksanaan jalan santai ini turut dihadiri oleh para anggota Pertuni, masyarakat, serta tokoh-tokoh terkait di Denpasar.

Jalan santai ini menjadi simbol kebersamaan dalam memperingati tonggak sejarah organisasi yang berkomitmen memperjuangkan hak-hak tunanetra.

Turut hadir pula Anggota DPRD Provinsi Bali, Anak Agung Gede Agung Suyoga, Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, dan Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxsmy Saraswati.

Di sela sela acara Wali Kota Jaya Negara memberikan apresiasi yang tinggi terhadap peran Pertuni dalam memajukan kesejahteraan dan keadilan bagi tunanetra di Kota Denpasar.

Pihaknya menegaskan komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh organisasi ini.

Dikatakannya, dengan semangat berolahraga dan kebersamaan, diharapkan perayaan HUT Pertuni dapat menjadi momen memperkuat solidaritas dan kesadaran akan pentingnya inklusi sosial bagi semua warga masyarakat, tanpa terkecuali.

Hal ini memiliki tujuan mewujudkan Kota Denpasar sebagai kota inklusif dan ramah disabilitas dalam proses perencanaan, monitoring, dan evaluasi serta advokasi dalam pelaksanaan pemenuhan hak-hak disabilitas.

“Pemerintah Kota Denpasar akan selalu berupaya untuk melakukan pemberdayaan disabilitas, termasuk penyandang tunanetra sebagai bentuk implementasin kota inklusif berdasarkan dengan visi misi Kota Kreatif Berbasis Budaya menuju Denpasar Maju serta spirit Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara,” tuturnya.

Ketua Pertuni Kota Denpasar, I Nyoman Suandi menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke-29 Pertuni.

Pihaknya menekankan pentingnya kerja sama dan dukungan dalam mewujudkan inklusi sosial bagi tunanetra.

Suandi juga mengajak seluruh anggota dan masyarakat untuk terus berjuang demi hak-hak dan kesejahteraan tunanetra, serta menggalang kekuatan bersama dalam menghadapi berbagai tantangan yang masih dihadapi oleh komunitas ini.

Perayaan tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba-lomba bagi penyandang tuna netra, serta penampilan seni dan budaya yang menginspirasi.

“Dengan kehadiran Wali Kota Denpasar diharapkan semangat solidaritas dan kepedulian terhadap kaum difabel, khususnya tunanetra, semakin berkobar di masyarakat Kota Denpasar,” ujarnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!