Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Ubah Singkong Jadi BBM, Pemerintah Pertimbangkan Wujudkan Gagasan Prabowo

Menjadi Bioetanol

PRODUKSI BBM SINGKONG: Deputi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dida Gardera mengaku memang tengah mengkaji singkong dan tebu menjadi Bioetanol


JAKARTA, Balipolitika.com-
Setelah program makan siang gratis, Pemerintah kembali memikirkan gagasan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Calon Presiden nomor urut 02 itu memiliki gagasan menjadikan singkong untuk Bahan Bakar Minyak (BBM).

Deputi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dida Gardera mengaku memang tengah mengkaji singkong dan tebu menjadi Bioetanol. Menurut dia, semua bahan untuk menjadi Bioetanol memang bervariasi, salah satunya Singkong.

“Singkong dan tebu untuk bioetanol, semua itu kan kita kaji. Tentu kan kajian itu ada yang dari skala tertentu dia belum ekonomis, tapi kalau sudah masuk (ekonomis), baru bisa diimplementasikan,” ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, yang dkutip Jumat 8 Maret 2024.

Namun, Dida menyebut, pengubahan singkong menjadi Bioetanol harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya, ketersediaan lahan untuk menanam banyak singkong sebagai bahan Bioetanol.

“Kemudian, ketersediaan lahan juga seperti apa? Lahan kita kan masih banyak yang belum dioptimalkan, ini lagi kita petakan lagi,” jelas dia.

Selain pasokan singkong, pemerintah juga menyoroti pasokan tebu untuk bahan bakar. Dia menimbang, bahwa tebu bisa dipasol dari food estate Merauke.

Tak hanya itu, Dida juga membuka peluang untuk membuat BBM dari kelapa. Menurut dia, kelapa yang tak terpakai bisa diolah menjadi bioavtur.

“Justru kelapa ini dari kelapa yang reject. Di setiap pohon kelapa itu ada sekitar 20-30 persen gak layak dikonsumsi, itu yang justru bisa digunakan. Banyak sekali potensi yang semua ada di kebun kita, tapi belum kita optimalkan. Nah, ini ruang untuk inovasi yang terus kita dorong,” beber dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto memiliki cita-cita untuk membawa Indonesia swasembada energi baru dan terbarukan dengan memanfaatkan tanaman, salah satu caranya dengan menyulap singkong menjadi BBM.

Dia mengatakan bahwa energi terbarukan yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi sekaligus mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

“Kita nanti green energy dan kita akan swasembada energi bensin, dari mana? Dari etanol, etanol dari mana? Dari tebu dan singkong,” kata dia.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!