Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Cak Imin Bingung Ditanya Gibran Soal SGIE

KEBINGUNGAN: Cak Imin Bingung Ditanya Gibran Soal SGIE

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada Muhaimin Iskandar tentang strategi menaikkan peringkat Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE).

“Karena Gus Imin ini adalah Ketua Umum PKB, saya yakin Gus Imin paham untuk masalah ini, bagaimana langkah Gus imin untuk menaikkan Indonesia di SGIE?” tanya Gibran ke Cak Imin dalam debat Pilpres 2024, Jumat, 22 Desember 2023.

Cak Imin mengaku kebingungan dengan pertanyaan yang dilontarkan cawapres nomor urut 2 itu.
“Terus terang saya tidak paham SGIE itu apa?” ungkapnya.

Gibran kemudian menjelaskan dengan rinci maksud pertanyaan itu. Menurutnya, sebagai negara yang sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, seluruh cawapres harus mengerti apa itu SGIE.

“Gus kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah dan keuangan syariah, otomatis kita harus ngerti juga SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus,” kata Gibran.

Menanggapi hal itu, Cak Imin mengatakan dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

Salah satunya dengan menyiapkan regulasi strategis untuk mengembangkan industri halal.
“Pertanyaan ini sungguh penting karena Indonesia dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, sekaligus bukan saja sebagai pasar ekonomi, pariwisata halal pasar perbankan syariah, tapi sekaligus punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Agar yang disebut SGIE menjadi menaikkan peringkat kita,” ungkapnya. (tim/luc/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!