Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Keren, Rochineng Gaet Artis Bali Hibur Masyarakat Buleleng

Dijuluki Caleg Rasa Bupati, Siap Kunjungi 100 Desa

COBLOS NOMOR 7 PDIP BULELENG: Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., menjadi sosok yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Kabupaten Buleleng di Pemilu 2024. Menyapa masyarakat di 129 desa dan 19 kelurahan di Kabupaten Buleleng (ditargetkan 100 desa, red), Rocky N gaet artis top Pulau Dewata. 

 

BULELENG, Balipolitika.com- Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., menjadi sosok yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Kabupaten Buleleng. 

Masyarakat 129 desa dan 19 kelurahan di Kabupaten Buleleng, yakni Kecamatan Banjar (17 desa), Kecamatan Buleleng (17 kelurahan, 12 desa), Kecamatan Busungbiu (15 desa), Kecamatan Gerokgak (14 desa), Kecamatan Kubutambahan (13 desa), Kecamatan Sawan (14 desa), Kecamatan Seririt (20 desa, 1 kelurahan), Kecamatan Sukasada (14 desa, 1 kelurahan), dan Kecamatan Tejakula (10 desa) seluruhnya semakin mengidolakan Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., yang makin bersinar jelang hari coblosan Pemilu Legislatif dan Pilpres, Rabu, 14 Februari 2024.

Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., yang kini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Bali masa bakti 2019-2024 dari Fraksi PDI Perjuangan dinanti-nantikan dan diidolakan seluruh masyarakat Buleleng karena kehadirannya mendatangkan kebahagiaan lahir batin. 

Maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) Buleleng nomor urut 7 di Pileg 2024, Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., memiliki strategi yang unik dalam menggaet hati masyarakat. 

Contohnya pada Sabtu, 16 Desember 2023, saat sosok kharismatik yang akrab disapa Rocky N itu menggelar simakrama di Desa Kedis, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng yang dihadiri kelompok petani, kelompok suka duka, dan tokoh masyarakat setempat. 

Menariknya, solid bergerak memenangkan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., mengajak artis Bali terkenal, yakni Bayu KW dan Tunick Motifora untuk menghibur masyarakat Desa Kedis.

Di hari yang sama, Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., juga menggelar simakrama dengan masyarakat Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.

Sementara pada Minggu, 17 Desember 2023, sosok yang berhasil mengantarkan Tim Karate Bali meraih capaian tertinggi sejak 74 tahun keikutsertaan di Pekan Olahraga Nasional (PON), tepatnya di PON Papua XX/2021 dengan 2 medali emas dan 1 perunggu itu menyerap aspirasi masyarakat di Desa Dapdap Putih, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng yang kembali resmi digunakan sebagai nama desa menggantikan nama Desa Tista sejak Minggu 1 Januari 2022 serta Desa Pucak Sari, dan Desa Bongancina yang juga berada di wilayah Kecamatan Busungbiu.

Tak hanya Bayu KW dan Tunick Motifora, Rocky N juga menggandeng artis senior Bali lainnya seperti Galuh Bilen serta artis pendatang baru yang lagi viral yaitu Made Gunawan dengan lagunya Saup Sangkol, Dek Soma dengan Pelih Besik Dadi Siu, dan Ngurah Adi dengan Pejalan Karma berkeliling mengunjungi desa-desa di Buleleng.

Para artis kenamaan Pulau Dewata ini selalu didampingi oleh sang pencipta lagu, yakni Gede Pranajaya asal Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. 

Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. turun bersama para artis ini setiap jadwal kampanye. 

“Sehari minimal tiga desa yang kami kunjungi. Sebelumnya di tanggal 9 Desember 2023 kami simakrama ke Desa Banyuning, Petandakan, Naga Sepaha. 12 Desember 2023 ke Desa Panji, Tegallinggah, dan Tukad Mungga. 13 Desember 2023 ke Desa Bungkulan, Giri Mas, dan Sangsit. 14 Desember 2023 ke Desa Sidatapa, Pedawa, dan Asah Gobleg. 16 Desember 2023, kd Desa Bengkel, Kedis, dan Busungbiu. Demikian berlanjut sesuai jadwal simakrama yang diketahui oleh Bawaslu Buleleng,” ucap Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH.

Para artis ini menghibur masyarakat Buleleng di sela-sela penyampaikan materi kampanye oleh Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. 

Tujuan menggandeng para artis ini ungkap Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. dalam rangka membantu mempromosikan para artis pendatang baru agar lebih dikenal masyarakat sehingga pasar dan penggemarnya semakin luas sekaligus meningkatkan kesejahteraan si artis.

“Tujuan kedua untuk menghibur masyarakat karena banyak desa terpencil yang haus hiburan di Buleleng,” tandas Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH sembari menjelaskan bahwa komunitas masyarakat yang hadir dalam simakrama tersebut nyampur mulai yowana, pecalang desa, masyarakat, lansia, dan tokoh masyarakat. 

“Masyarakat terhibur sekali. Buktinya mereka minta request lagu dari para artis. Di sisi lain, para  artis juga senang karena bisa nambah job. Dengan kata lain dalam sebulan, job yang kosong bisa terisi. Kalau ada artis yang berhalangan menemani saya menemui masyarakat, maka akan digantikan oleh artis Bali lainnya,” jelas Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. menyebut menggandeng para artis dilakukannya sejak 29 November 2023.

“Simbiosis mutualisme antara Rocky N dengan para artis kebanggaan Pulau Dewata,” sambungnya. 

Hingga Minggu, 17 Desember 2023 sudah lebih dari 35 desa yang dikunjungi  Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH.    

“Target kami 100 desa. 75 persen dari jumlah desa dan kelurahan keseluruhan di Buleleng. Ini tidak terlepas dari antusias masyarakat mengundang Rocky N untuk mendengarkan aspirasi mereka,” terang eks birokrat yang pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Gianyar itu.

Terkait sambutan heboh masyarakat berupa suguhan baleganjur, tari hanoman, dan acara meriah lainnya sehingga ia dijuluki “caleg rasa bupati”, Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. menegaskan hal tersebut murni inisiatif warga di akar rumput.

Saya tidak meminta, tapi masyarakat memberikan sambutan dan inisiatif yang luar biasa. Mulai dari baleganjur hingga tari hanoman. Saya mengucapkan terima kasih untuk antusias masyarakat Buleleng,” tutup Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH. yang optimis bisa meningkatkan raihan suara di Pileg 2019, yakni 25.813 menjadi 40.000 hingga 50.000 suara di Pileg 2024. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!