Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Expo, Perkuat Dunia Kerja

Suiasa Serahkan Sertifikat Kompetensi Pekerja Sektor Pariwisata di Badung

PEKERJA PARIWISATA: Wabup Suiasa menyerahkan secara simbolis sertifikat kompetensi kepada pekerja sektor pariwisata di Kabupaten Badung tahun 2023, Rabu, 13 Desember 2023 di Puspem Badung.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menyatakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Expo dilaksanakan untuk memperkenalkan LPK kepada masyarakat sebagai tempat pelatihan kerja dan sebagai lembaga pendidikan non formal yang memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan dan pelatihan bagi calon tenaga kerja.

Selain itu pelatihan kerja mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyiapan calon tenaga kerja yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan merupakan suatu hal yang mutlak dan prioritas pada era globalisasi, baik untuk mengisi formasi di dalam negeri maupun luar negeri.

LPK Expo 2023

“Melalui dinas perinaker kita melakukan satu upaya yang sangat bermanfaat secara produktivitas dan kualitas tenaga kerja melalui uji kompetensi khususnya pada sektor pariwisata. Ini merupakan program rutin dan berkelanjutan, tentunya sebuah sertifikasi kompetensi menjadi hal yang sangat penting. Selain ijazah yang menyatakan bukti pendidikan, juga perlu ditunjang dengan sertifikasi kompetensi,” ujar Wabup Suiasa dalam acara penyerahan secara simbolis sertifikat kompetensi kepada pekerja sektor pariwisata di Kabupaten Badung tahun 2023 yang dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada LPK atas partisipasi dalam dan penyerahan penghargaan lomba desain kemasan produk IKM 2023 pada Rabu, 13 Desember 2023 di Puspem Badung.

Turut hadir Ketua Komisi IV DPRD Badung Made Suwardana, jajaran OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, LSP pariwisata Indonesia, LSP engineering hospitality, LSP pariwisata Bali dan para peserta sertifikasi dan Lomba desain kemasan produk IKM.

Menurut Wabup Suiasa sertifikasi menjadi penting untuk karir para pekerja, yaitu untuk mengukur kemampuan diri dan meningkatkan profesionalisme tenaga kerja.

Selain itu kegiatan uji kompetensi terhadap pekerja sektor pariwisata merupakan wujud perhatian dan kontribusi pemerintah Kabupaten Badung terhadap para pekerja sektor pariwisata karena sektor pariwisata sudah berkontribusi sangat besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Badung.

Disisi lain Wabup Suiasa mengapresiasi  lomba desain kemasan produk IKM 2023 sebagai upaya peningkatan daya saing produk IKM di pasaran.

Disebutkan kemasan merupakan salah satu komponen penting dalam suatu produk. Fungsi kemasan selain sebagai wadah dan pelindung produk, kemasan juga berperan untuk menyampaikan informasi produk atau salah satu komponen promosi.

Oleh karenanya, melalui kegiatan ini diharapkan produk industri kecil menengah di kabupaten badung menjadi lebih dikenal masyarakat dan mampu menembus pasar nasional dan internasional.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder / pemangku kepentingan baik lembaga pelatihan kerja, lembaga sertifikasi profesi dan industri kecil menengah yang telah berkolaborasi aktif bersama pemerintah kabupaten badung dalam mewujudkan tenaga kerja yang berdaya saing sehingga nantinya mampu menurunkan tingkat pengangguran di kabupaten badung harapan kita kegiatan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya.” kata Wabup Suiasa

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Putu Eka Merthawan melaporkan, UU cipta kerja mewajibkan para pekerja untuk memiliki sertifikasi kompetensi.

Untuk itu di tahun 2024 atas kebijakan Bupati / wakil bupati, Pemkab Badung akan memberikan pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi secara gratis kepada 6400 pekerja pariwisata.

“Itu langkah strategis dari Bapak Bupati/ Wakil Bupati beserta Bapak Ketua DPRD kabupaten Badung melalui komisi IV agar pekerja kabupaten Badung mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional dalam dunia usaha / dunia industri yang ketat saat ini,” terangnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!