Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2023

“Brings Harmony to Sustainability”

ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2023: “Brings Harmony to Sustainability”

 

DENPASAR Balipolitika.com– ALSA Local Chapter Unviersitas Udayana (ALSA LC UNUD) mengadakan program kerja turunan dari ALSA National Chapter (NC) Indonesia,yaitu: “ALSA Care and Legal Coaching Clinic (CLCC) 2023” yang dilaksanakan oleh seluruh ALSA LC di Indonesia. Tema besar yang diangkat oleh ALSA NC Indonesia adalah “Trash-Free Tomorrow: A Path to a Sustainable Waste Management” yang didasarkan pada masalah lingkungan,yaitu: sampah dan manajemen limbah yang masih kurang efektif. Sedangkan tema besar ALSA LC UNUD pada tahun ini adalah “Brings Harmony to Sustainability” yang diangkat dari filosofi Tri Hita Karana khususnya ‘Palemahan’.

ALSA CLCC 2023 di ALSA LC UNUD diadakan dalam beberapa rangkaian: Pre-Event, ALSA Care, dan ALSA Legal Coaching Clinic. Pre-Event diadakan melalui sosial media ALSA CLCC 2023 dan secara langsung di Ruang Terbuka Hijau UNUD pada 28 Oktober 2023 dengan menampilkan hasil advokasi dan miniatur TPA Suwung. Puncak acara diadakan pada tanggal 17-18 November 2023 dengan berkolaborasi bersama EcoBali Recycling.

Adapun ALSA Care diadakan pada Jumat 17 November 2023 di SMPN 7 Denpasar dengan tema, “Smart Waste management for sustainable Generations”. ALSA LC UNUD mengadakan sosialisasi dan workshop kepada siswa-siswi mengenai pemilahan dan pengolahan sampah yang dipandu oleh EcoBali Recycling untuk menumbuhkan kesadaran pada siswa-siswi disana. Selanjutnya, pada Sabtu 18 November 2023 ALSA Legal Coaching Clinic dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang mengangkat tema, “TPA Suwung : Integrated Sustainable Waste Management for Community Protection”. Adapun Keynote Speakernya: Dr. Indra Pahlevi, S. IP., M. Si (Kepala Biro Pemerintahan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI). Selanjutnya, pembicara yang mengisi talkshow: Dr. Ir. Ni Made Armadi, SP. M. Si (UPTD Pengelolaan Sampah DKLH Provinsi Bali), Putu Ade Harriestha Martana, SH., M.H (Akademisi FH UNUD), Made Krisna Dinata (perwakilan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Bali).

ALSA Legal Coaching Clinic membahas mengenai permasalahan yang terjadi pada TPA Suwung, khususnya mengenai manajemen limbah yang terintegrasi dan perlindungan hak-hak masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai permasalahan lingkungan serta manajemen pengelolaan limbah yang terintigrasi. (dp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!