Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Kecak Hanoman-Sita ODGJ Buka Denpasar Psychiatric Symposium 1

DALAM PENANGANAN: Pasien ODGJ di bawah pengawasan Instalasi Rehabilitasi Psikososial UPTD Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali membuka Denpasar Psychiatric Symposium 1 di Bali Sunset Road Convention Center, Jumat, 10 Mei 2024. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Usung tema Participating in Learning Tourism, Suicide and Addiction, Denpasar Psychiatric Symposium 1 yang diprakarsai Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Denpasar dibuka dengan gemilang di Bali Sunset Road Convention Center, Jumat, 10 Mei 2024. 

Pasien ODGJ alias Orang Dengan Gangguan Jiwa di bawah pengawasan Instalasi Rehabilitasi Psikososial UPTD Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali membuka workshop yang diikuti oleh 169 peserta se-Indonesia lewat tarian Hanoman-Dewi Sita diiringi kecak.

“Pementasan tersebut sumbangan dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali yang berkomitmen membantu kami di acara ini. Sumbangan tarian pembuka itu dipersembahkan oleh ODGJ yang sedang menjalani rehabilitasi psikososial. Tidak perlu terkejut juga karena ODGJ yang mendapatkan penanganan akan sama seperti kita. Saya sendiri saja tidak bisa menari seperti itu, namun mereka berlatih dan bisa,” ucap Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Denpasar, Bali, dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, Sp.KJ.

Berlangsung 2 hari pada Jumat dan Sabtu, 10-11 Mei 2023, Ketua Alumni Psikiatri Universitas Udayana itu berharap gelaran perdana Denpasar Psychiatric Symposium 1 mampu menjawab tantangan riil di masyarakat, khususnya Bali. 

Tema “Mental Health Tourism, Suicide and Addiction” yang diangkat ungkap dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, Sp.KJ. merupakan isu krusial yang membutuhkan perhatian serius, terutama di daerah pariwisata seperti Bali. 

Tegasnya sebagai pusat pariwisata dunia, Bali tidak dapat terlepas dari berbagai tantangan terkait kesehatan mental, seperti kasus bunuh diri dan masalah kecanduan.

“Kami dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang Denpasar– 76 psikiater yang berkarya di seluruh kabupaten/kota di Bali– merasa sangat bersyukur dan terhormat dapat menjadi tuan rumah acara penting ini,” ungkap dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, Sp.KJ. (bp/ken) 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!