Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Karantina Bangkalan Berperan Aktif Buka Pasar Ekspor Komoditas di Pulau Madura

BANGKALAN, Balipolitika.com- 16 November 2023, Ervina, Pejabat Fungsional Karantina Tumbuhan jalin komunikasi dengan Atase Perdagangan (Atdag) Bangkok sebagai pembuka jalan menuju pasar ekspor Thailand.

Komunikasi dengan Atdag bermula dari konsultasi PT SAP yang ditindaklanjuti oleh pejabat fungsional Karantina Bangkalan.

Dari hasil komunikasi dengan Atdag, dilakukan ekspor sampel cabai jamu, jagung pipil, dan kacang hijau (polished dan unpolished) milik PT SAP masing-masing sejumlah 500 gram.

Sebelum dikirim ke Atdag Bangkok, dilakukan fumigasi menggunakan fosfin (PH3) terhadap komoditas tersebut di Kantor Induk Karantina Bangkalan yang dilanjutkan dengan aerasi.

Fumigasi dilakukan untuk memastikan bahwa media pembawa yang akan dikirim bebas dari serangga hidup.

“Karantina Bangkalan siap mendukung petani dengan menjembatani komunikasi dengan Atdag Bangkok. Semoga kedepannya makin banyak komoditas dari pulau Madura yang diterima oleh masyarakat luar negeri,” ucap Agus Mugiyanto, Kepala Karantina Bangkalan. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!