Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno Warnai Pelantikan DPD PUTRI Bali

DIHADIRI MENTERI: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., hadir langsung dalam pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Provinsi Bali yang dinakhodai I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha di Gedung Kerta Gosana, Puspem Badung, Kamis, 16 November 2023. 

 

BADUNG, Balipoltika.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., hadir langsung dalam pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Provinsi Bali yang dinakhodai I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha di Gedung Kerta Gosana, Puspem Badung, Kamis, 16 November 2023. 

Makin istimewa, acara seremonial itu juga dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang mendapat sambutan hangat jajaran DPD PUTRI Bali dan DPP PUTRI Indonesia.

Sang Menteri yang akrab disapa Sandiaga Uno itu mengucapkan selamat kepada jajaran kepengurusan DPD PUTRI Bali masa bakti 2022-2027 lewat pantun. 

“Ke Kabupaten Badung beli songket warna biru/ untuk dipakai di hari raya/ Selamat dan sukses kepengurusan baru/ menjadi penggerak dan pejuang pariwisata Indonesia,” ucap Sandiaga Uno dibalas tepuk tangan meriah audiens. 

Dalam kesempatan yang sama, wirausahawan serta politisi kelahiran Riau, Sumatera berdarah Gorontalo dan Jawa dengan harga kekayaan lebih dari Rp11 triliun rupiah itu juga mengucapkan selamat hari lahir bagi Ibu Kota Kabupaten Badung, yakni Mangupura ke-14.

 “Semoga membawa berkah bagi kita semua,” doa Sang Menteri.

Kepada audiens, Sandiaga Uno menyuntikkan semangat dan optimisme seiring bangkitnya sektor pariwisata Indonesia, khususnya Bali pasca pandemi Covid-19.

“Pariwisata kita naik 12 peringkat. Sekarang sudah di atas Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Kemarin di London, Indonesia mendapat perhatian dunia karena kita mendukung pariwisata hijau. Tidak ada hubungannya dengan warna partai baru saya. Ini adalah pariwisata yang fokus di green tourism. Dan per hari ini kita sudah jauh di atas dari target kunjungan wisatawan walaupun kita masih berupaya untuk terus bergerak, tapi sekarang kita sudah menghitung kualitas. Sudah lebih dari satu juta per bulan di beberapa bulan terakhir dan ini menunjukkan sudah pulihnya kepercayaan internasional. Bukan hanya kepada Provinsi Bali, tetapi juga kepada Indonesia, khususnya Kabupaten Badung yang menjadi magnet pariwisata Indonesia di mata dunia,” ucap Sandiaga Uno.

PUTRI tandas Sandiaga Uno memiliki peran yang sangat sentral. PUTRI imbuhnya merupakan organisasi warisan para pendahulu di Kemenparekraf yang merupakan para pejuang pariwisata.

“Kami ingin PUTRI memperjuangkan kegiatan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Saya mendorong penguatan organisasi dengan mendorong wisata nusantara karena kita memiliki potensi wisata yang luar biasa,” pesan Sandiaga Uno sembari menuntut komitmen mengembangkan desa wisata yang berbasis masyarakat.

Diberitakan sebelumnya, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha sah dua periode nakhodai Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Provinsi Bali.

Pengusaha wisata asal Puri Carangsari, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten  Badung yang juga anggota DPRD Badung Fraksi PDI Perjuangan itu dilantik sebagai Ketua DPD PUTRI Bali masa bakti 2022-2027.

Sebelumnya, Gek Inda- sapaan akrab I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha- terpilih secara aklamasi dalam Musda DPD PUTRI Bali, Kamis, 5 Agustus 2022 di lantai dua Gedung Bali Tourism Board (BTB) Bali, Jalan Raya Puputan, kawasan Niti Mandala, Denpasar.

Tak sekadar seremonial belaka, cucu pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai ini menegaskan bahwa pelantikan dirinya bersama Sekretaris Drs. I Wayan Wijana, S.H. (DTW Uluwatu) dan Bendahara Umum Made Yanie Mason (Mason Adventure) serta jajaran pengurus lainnya akan dirangkai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dengan Perusda. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!