Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

Selamat, Gek Inda 2 Periode Nakhodai DPD PUTRI Bali

Dilantik, Kamis, 16 November 2023

MATANG: I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha sah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Provinsi Bali 2 periode.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha sah dua periode nakhodai Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Provinsi Bali.

Pengusaha wisata asal Puri Carangsari, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten  Badung yang juga anggota DPRD Badung Fraksi PDI Perjuangan itu dilantik sebagai Ketua DPD PUTRI Bali masa bakti 2022-2027 pada Kamis, 16 November 2023 di Gedung Kerta Gosana Puspem Badung.

Sebelumnya, Gek Inda- sapaan akrab I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha- terpilih secara aklamasi dalam Musda DPD PUTRI Bali, Kamis, 5 Agustus 2022 di lantai dua Gedung Bali Tourism Board (BTB) Bali, Jalan Raya Puputan, kawasan Niti Mandala, Denpasar.

Tak sekadar seremonial belaka, cucu pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai ini menegaskan bahwa pelantikan dirinya bersama Sekretaris Drs. I Wayan Wijana, S.H. (DTW Uluwatu) dan Bendahara Umum Made Yanie Mason (Mason Adventure) serta jajaran pengurus lainnya akan dirangkai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dengan Perusda. 

Acara pelantikan ini juga akan diwarnai Table Top Business Matching yang diagendakan akan dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno, Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya, para Bupati/Wali Kota se-Bali serta ratusan undangan terkait.

Jelas Gek Inda, sebagai asosiasi taman wisata, PUTRI berperan strategis menjadi  jembatan antara pengusaha dan pemerintah. 

Oleh sebab itu, di periode kepemimpinan yang kedua ini, pihaknya akan berupaya  memperkuat eksistensi PUTRI demi kemajuan pariwisata Bali sekaligus berdampak positif bagi member PUTRI BALI yang kini berjumlah 45.

“Pelantikan akan dimulai jam 9 pagi hingga pukul 17.00 Wita. Selain agenda utama pelantikan pengurus juga ada MoU antara PHRI dengan Perusda dan Table Top Business Matching antara anggota DPD PUTRI dengan Travel Agent Lokal termasuk ASITA dan pihak independen. Juga ada diskusi panel sesuai tema pelantikan Balancing Between Culture, Safety and Digital Tourism and Sustainable,” jelas Gek Inda dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan GWK, Bali safari, Sababay Wine, True Bali Experience, Waterboom, The Nusa Dua, Secret Garden, Carangsari, Bali Bird Park, dan lain-lain di Kantor BTB Renon Denpasar.

Terkait benefit kepada member PUTRI Bali, Gek Inda menjelaskan acara pelantikan ini juga bermakna spesial karena menjadi ajang mengenalkan anggota DPD PUTRI Bali.

“Di acara ini akan ada MoU antara anggota Asita dan PUTRI dan sama-sama punya tanggung jawab moral. Asita sering menyampaikan keluhan tentang destinasi wisata terutama ada kenaikan harga, dan lain-lain. Jadi kita menjalin komunikasi yang lebih bagus ada MoU di mana pihak Asita akan merekomendasikan member PUTRI dan apabila ada keluhan dari Asita kami akan komunikasi dengan para pelaku taman rekreasi,” tambah Gek Inda.

Menarik disimak, Gek Inda mengungkapkan bahwa di agenda PUTRI kali ini ada 9 hotel yang baru bergabung dengan Perusda dan siap mengangkat produk lokal Bali.

Langkah DPD PUTRI Bali ini diapresiasi langsung oleh Ketua BTB (Bali Tourism Board)/GIPI Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana.

Ia mengatakan pentingnya MoU dilakukan meski sebelumnya sudah ada MoU PHRI dengan Perusda yang difasilitasi GIPI. 

“Jadi dalam momen pelantikan ini kita memberikan peluang dan akses kerja sama hotel dan perusda dalam support produk lokal (petani, red). Dalam hal ini petani melalui Perusda. Tujuannya agar acara itu tidak hanya seremonial saja. Semua pihak baik pemerintah, stakeholder dan pengusaha harus bersinergi untuk pariwisata berkualitas di Bali,” imbuhnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!