Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

EventInternasionalJasaNasionalPemerintahan

Kemkominfo Pastikan Kenyamanan Jurnalis Selama WWF 2024

Siapkan Fasilitas Media Center Dengan Internet Gratis

KELANCARAN PUBLIKASI: Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong. (Sumber: Humas Kominfo)

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyediakan ruangan dan fasilitas media center untuk melayani para jurnalis nasional dan internasional yang meliput gelaran World Water Forum ke-10 di Bali.

Media Center bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center 2 (BNDCC 2), Nusa Dua dan dibuka pada 18–24 Mei 2024 pukul 08.00—19.00 WITA.

Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong Kemkominfo, Rabu, 15 Mei 2024, di Jakarta.

Usman mengatakan jurnalis jadi salah satu unsur yang mengambil peran aktif dalam mendukung kesuksesan World Water Forum ke-10.

Banyaknya jurnalis dan media baik dalam maupun luar negeri yang telah menyatakan kehadirannya untuk meliput, tentu membutuhkan fasilitas penunjang yang mumpuni.

Oleh sebab itu, sejumlah fasilitas diberikan bagi para jurnalis untuk memudahkan mereka memperoleh informasi, dari setiap momentum penting dalam pelaksanaan forum air terbesar di dunia tersebut.

“Layanan ini sebagai upaya memberikan kemudahan teman-teman jurnalis dalam dan luar negeri untuk melakukan peliputan World Water Forum ke-10,” ujar Usman.

Selama gelaran World Water Forum ke-10, Media Center menyediakan siaran pers dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Tak hanya memberikan fasilitas agar jurnalis dapat mewartakan kegiatan yang tengah berlangsung, media center juga menyediakan bahan informasi pendukung seperti foto, infografis, short video, dan buletin.

“Kami telah menyiapkan host media, yang terdiri dari fotografer dan videografer. Mereka yang akan memenuhi kebutuhan gambar dan broadcast. Hasil dari host media dapat diakses secara gratis. Ini semua sebagai layanan kami untuk menyiapkan materi berita bagi teman-teman media,” terang Usman.

Di media center terdapat ruangan kerja (work station) dengan kapasitas 284 kursi. Layanan internet disediakan dengan kecepatan 100Mbps, kabel LAN pada meja working area sebanyak 40 unit dengan bandwidth 1Gbps, PC/laptop sebanyak 20 unit. Ruangan kerja terdapat di Tanjung Benoa Hall, lantai 1 BNDCC 2.

Kemkominfo Juga Siapkan Shuttle Bus

Kepada jurnalis yang akomodasinya berada di luar wilayah pertemuan, untuk menjangkau media center atau beraktivitas melakukan peliputan, Kemkominfo juga menyediakan fasilitas shuttle bus yang beroperasi dari dan ke beberapa titik.

Di antaranya rute Bandara I Gusti Ngurah Rai – Hotel Santika Siligita – BNDCC dan sebaliknya. Layanan ini shuttle bus tersedia pada 15–18 Mei 2024.

Kemudian, rute Hotel Courtyard –  Santika Siligita – BNDCC dan sebaliknya, dilayani setiap 20 menit sekali pada 15–24 Mei 2024 pada pukul 08.00–22.00 WITA.

Selanjutnya, rute BNDCC – BICC dan sebaliknya dilayani setiap 10 menit sekali pada 18–24 Mei 2024.

World Water Forum ke-10 digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024 dengan berfokus pada empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Sebanyak 244 sesi nanti diharapkan akan memberikan hasil konkret mengenai pengarusutamaan pengelolaan air terpadu untuk pulau-pulau kecil atau Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands, pembentukan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk ketahanan air dan iklim atau Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), serta penetapan Hari Danau Sedunia. (bp/gk)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!