Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Alam Lestari

Peringati Hari Rabies Sedunia, UPT Barantin di Jambi Beri Vaksinasi Gratis

RABIES: UPT Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Jambi melaksanakan vaksinasi rabies

 

JAMBI, Balipolitika.com- 28 September 2023.  Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, UPT Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Jambi melaksanakan vaksinasi rabies. Vaksinasi rabies diberikan kepada hewan penular rabies (HPR) seperti kucing, anjing, kera dan lainnya.

Hendra Purwana selaku Subkoordinator Karantina Hewan mengatakan bahwa telah disiapkan 40 dosis vaksin rabies. “Kegiatan hari ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi kami dalam mencegah penyebaran penyakit rabies di Indonesia khususnya di Jambi. Kami juga sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi singkat terkait kesadaran masyarakat untuk patuh dan lapor karantina,” ujar Hendra.

Tercatat sebanyak 24 vaksin telah diberikan kepada HPR yang datang ke kantor UPT Barantin di Jambi. “Vaksinasi mayoritas diberikan kepada kucing dan kami juga lakukan vaksinasi kepada monyet yang merupakan hewan peliharaan milik salah satu warga Jambi,” pungkas Yulia Riza selaku dokter hewan karantina.

Kepala Karantina Jambi, N. Prayatno Ginting di tempat terpisah mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan wujud nyata pengendalian penyebaran penyakit rabies. “Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat membantu pencegahan penyebaran penyakit rabies dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi rabies,” ujar Ginting. (nik/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!