Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Sekda Adi Arnawa Hadiri Pengukuhan Pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara

Harapkan Pelestarian dan Pengembangan Seni Berpedoman Pada Pakem

LISTIBIYA: Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara periode 2023-2028 di Wantilan Pura Dalem Desa Dalung, Rabu 27 September 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung, Sekda Wayan Adi Arnawa meminta agar Listibiya Kecamatan Kuta Utara bergerak aktif dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya ditengah masyarakat.

“Listibiya harus bisa memetakan, menginventarisasi dan mengevaluasi keberadaan dan aktivitas seni agar selalu memegang teguh pakem yang ada, karena kita sebagai daerah pariwisata rentan dengan akulturasi budaya. Kita harus bisa memberikan ruang kepada sanggar/seniman untuk tampil, agar seniman memiliki semangat berkarya sekaligus meningkatkan pendapatannya,” demikian dikatakan Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara periode 2023-2028, yang dirangkaikan dengan penyerahan hadiah Lomba Tari Condong, Baris Tunggal dan Kendang Tunggal, Rabu 27 September 2023 bertempat di Wantilan Pura Dalem Desa Dalung.

Turut hadir Camat Kuta Utara Putu Eka Parmana, perwakilan Dinas Kebudayaan, Pengurus Listibya Kabupaten Badung, jajaran Pengurus Listibiya Kecamatan Kuta Utara, Perbekel/Lurah dan Bendesa se-Kuta Utara.

Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Badung dalam mensupport pelestarian seni budaya, pada kesempatan itu sekda Wayan Adi Arnawa menyerahkan dana motivasi Pemkab sebesar Rp 20 juta.

Setelah Listibiya memiliki data valid terkait keberadaan sanggar seni di masing-masing wilayah, sekda Adi Arnawa menyebut Pemkab Badung akan segera memberikan bantuan dana sesuai dengan kebutuhan, terlebih pelestarian seni adat agama dan budaya masuk dalam RPJMD lima bidang prioritas Kabupaten Badung.

“Maka ini ada celah untuk kita bisa menganggarkan dana pada Listibiya, silahkan nanti Listibiya kecamatan berkoordinasi dengan Listibiya Kabupaten Badung lakukan inovasi seperti menggelar kegiatan seni monumental sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Saya mengucapkan selamat kepada pengurus baru Listibiya Kuta Utara, semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan terimakasih atas pengabdian pengurus yang lama. Mari kita lakukan pelestarian dan pengembangan seni secara berkesinambungan,” pungkasnya. (nik/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!