Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Komisi X DPR RI Sambangi Kota Denpasar, Dukung Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

SINERGI: Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI diterima Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana bersama pimpinan OPD terkait lainnya di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu 27 September 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI menyambangi Kota Denpasar guna menggali, menyerap aspirasi, dan melakukan pengawasan terhadap implementasi kebijakan pemerintah, termasuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti ini diterima Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana bersama pimpinan OPD terkait lainnya di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu 27 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, DPR RI mendukung upaya pemerintah daerah memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk pasca pandemi Covid-19. Untuk itu,

Ketua Rombongan Komisi X DPR RI, Sodik Mudjahid mengatakan kunjungan kali ini dilakukan untuk menerima masukan dalam perancangan UU Kepariwisataan dan Penyerahan secara simbolis dukungan dana pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif Kota Denpasar Tahun 2023.

Dimana, saat pandemi Covid-19, kondisi pariwisata Indonesia sangat terpuruk. Dimana, negara kehilangan banyak devisa dari pariwisata khususnya Bali sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar untuk Indonesia.

Sodik Mudjahid menerangkan bahwa setelah pandemi Covid-19 ini, tantangan yang perlu dihadapi mengenai kualitas dari Wisatawan. Untuk menghasilkan wisatawan yang berkualitas perlu dilakukan penyesuaian pengaturan kepariwisataan melalui amandemen peraturan.

“Kami perlu mendapatkan gambaran dan masukan untuk rancangan Undang-Undang Kepariwisataan. Masukan yang kami perlukan berupa konsep dan implementasi Bali khususnya Denpasar dalam menjalankan pariwisata yang berbudaya,” ujarnya

Lebih lanjut dikatakan, rancangan UU Kepariwisataan perlu banyak mendapatkan masukan baik dari defisini kepariwisataan, baik SDM dan Pariwisata Digital.

Sehingga kedepan pariwisata di Kota Denpasar dapat terus memberikan dukungan terhadap kemajuan kota.

Sementara Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menyambut baik kedatangan rombongan Komisi X DPR RI dan mengucapkan terima kasih atas pemberian dana dukungan pengembangan kepariwisataan dan ekobomi kreatif Tahun 2023.

Sektor pariwisata memang menjadi sektor andalan. Pembaruan melalui ekonomi keeatif berbasis budaya dilakukan untuk mendukung kemajuan pariwisata berkelanjutan.

Sekda Alit Wiradana menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Denpasar memiliki Dharma Negara Alaya Art and Creative Hub sebagai ruang berkreativitas termasuk menciptakan start up bussines bagi anak muda yang dapat membantu menghidupkan perekonomian kota.

“Arah pembangunan jangka panjang pariwisata Denpasar sesuai dengan visi Kota Denpasar menciptakan kemakmuran. Hal ini dapat tercapai dengan pengembangan pariwisata dalam aspek destinasi, pemasaran, industri, Sumber Daya Pariwisata, termasuk sinergi lintas sektor bersama DPR RI dalam mendukung kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif,”ujarnya. (nik/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!