Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Hati-Hati Penipuan Catut Bank BPD Bali, Segera Hubungi Call Center 1500844

BANK BPD BALI TAK PERNAH MINTA DATA PRIBADI: Bank BPD Bali mengajak nasabah dan masyarakat Indonesia, khususnya Bali untuk mengenali akun media sosial resmi Bank BPD Bali.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Maraknya aksi penipuan yang mengatasnamakan Bank BPD Bali dengan modus menggelar berbagai macam undian pada media sosial (medsos) patut menjadi perhatian nasabah. 

Wajib berhati-hati karena ulah oknum tak bertanggung jawab ini cukup licik dengan mencatut nama Bank BPD Bali sebagai nama akun pada medsos.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Ary Wijaya Guntur langsung angkat bicara.

Terangnya pihak Bank BPD Bali dalam melakukan pengundian hadiah tidak pernah meminta data pribadi nasabahnya atau melalui pendaftaran.

Jika sampai ada meminta data pribadi nasabah, apalagi meminta password pada mobile banking maupun ATM sudah dipastikan hal tersebut penipuan.

Oleh sebab itu para nasabah maupun masyarakat diimbau segera menghubungi call center Bank BPD Bali 1500844 untuk segera mendapatkan informasi layanan yang disediakan oleh Bank BPD Bali.

Ary Guntur mengingatkan para nasabah Bank BPD Bali untuk selalu waspada terhadap akun-akun palsu yang tidak bertanggung jawab mengingat modus para penipu tersebut biasanya membuat seolah-olah Bank BPD Bali menggelar undian berhadiah melalui pendaftaran undian pada link ataupun brosur dengan meminta identitas pribadi milik nasabah termasuk meminta PIN. Bahkan terdapat pula modus penipuan melalui telepon.

Saat ini, Bank BPD Bali tidak sedang menggelar undian berhadiah apapun. Pada dasarnya ketika Bank BPD Bali melakukan undian berhadiah, Bank BPD Bali dipastikan tidak akan meminta data pribadi para nasabah untuk mendaftar, karena secara otomatis para nasabah sudah bisa mengikuti undian di Bank BPD Bali berdasarkan saldo mengendap nasabah. Kalau sampai ada yang meminta data pribadi seperti password, username pada mobile banking atau sampai meminta nasabah untuk melakukan transaksi di ATM diimbau untuk segera memutuskan komunikasi, dan selanjutnya dapat menghubungi call center Bank BPD Bali untuk segera mendapatkan informasi valid atau pemblokiran rekening,” tegasnya Rabu, 6 September 2023.

Ary Guntur menekankan, agar nasabah Bank BPD Bali senantiasa menjaga keamanan dan kerahasian data pribadi perbankan, mengabaikan pesan yang mencurigakan dari pihak yang tidak dikenal.

Caranya jangan mendownload, mengundu, atau menginstall aplikasi, mengklik tautan link apapun dari sumber yang tidak dikenal.

Ary Guntur juga mengajak nasabah dan masyarakat agar jangan sembarangan memberikan data pribadi yang bersifat rahasia.

Selanjutnya, kepada seluruh pihak, baik itu nasabah maupun masyarakat, Bank BPD Bali tidak pernah menghubungi untuk meminta data pribadi seperti PIN ATM, user id, password maupun kode aktivasi/OTP dan para nasabah diharapkan untuk segera mengganti PIN secara berkala agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingat, kode aktivasi/OTP, PIN, password sifatnya sangat rahasia. Bahkan, mereka yang mengatasnamakan Bank BPD Bali sejatinya tidak akan meminta kode OTP. Sehingga para nasabah dan masyarakat diingatkan untuk selalu waspada jika ada yang meminta kode OTP melalui email, aplikasi chat, telepon maupun SMS dari oknum yang mengaku sebagai Bank BPD Bali. Selanjutnya, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap situs palsu atau phising dan penipuan dengan menggunakan fitur penerusan panggilan (call forwarding). Tolak jika ada yang meminta untuk menekankodenomor pengganti. Bisa jadi itu adalah penipuan menggunakan fitur penerusan panggilan untuk mengirimkan data telepon dan sms anda pada pelaku serta jika terdapat transaksi tidak dikenal di rekening anda segera ambil tindakan untuk menghubungi call center Bank BPD Bali untuk melakukan pemblokiran rekning, lalu datangi gerai Bank BPD Bali terdekat untuk mendapatkan solusi lebih lanjut,” sarannya.

Sebagai informasi, nama Akun Resmi Medsos Bank BPD Bali yaitu pada Facebook: PT. Bank Pembangunan Daerah Bali, Instagram (Ig): @bankbpdbali, Youtube: Bank BPD Bali, website: www.bankbpdbali.co.id, email: [email protected]. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!