Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Diterjang Covid-19, Aset BPR KAS Meroket Rp151 Miliar

MELESAT 5 TAHUN TERAKHIR: (kiri ke kanan) Direktur BPR KAS I Gusti Gede Dharmanta, Komisaris BPR KAS I Made Maharta Wijaya, CEO MyDOVI Surya Putera, dan CEO BPR KAS Rio Christian. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan di setiap lini kehidupan, salah satunya percepatan datangnya era digital. 

Banyak hal dalam aspek kehidupan masyarakat saat ini yang sudah terdigitalisasi. Apapun aktivitasnya dapat diakses dalam genggaman tangan. Salah satunya PT Karya Artha Sejahtera Indonesia atau disingkat BPR KAS yang lahir dari akuisisi PT BPR Kapal Basak Pursada pada 12 Mei 2016 silam.

BPR KAS bertransformasi menjadi lembaga keuangan yang modern, akuntabel, transparan, dan inovatif. Upaya nyata yang dilakukan adalah penguatan SDM dari jajaran manajemen, penguatan modal, penguatan infrastruktur, pelayanan prima, serta menciptakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat Pulau Dewata.

BPR KAS dalam usianya yang ke-7 di tahun 2023 ini mengalami pertumbuhan aset yang pesat. Aset bank pada posisi 31 Desember 2017 tercatat sebesar Rp67 miliar, sedangkan pada posisi 30 April 2023 nilai aset mencapai Rp218 miliar. 

Penyaluran kredit pada posisi yang sama tercatat sebesar Rp122 miliar dengan dana masyarakat yang berhasil dihimpun sebesar Rp197 miliar.

Selanjutnya BPR KAS Indonesia di tahun 2023 mengajak para stakeholder untuk bersama-sama menuliskan kisah hidupnya bersama BPR KAS. 

Dalam jumpa pers, Jumat, 19 Mei 2023 yang berbarengan dengan perayaan HUT BPR Kas ke-7, CEO BPR KAS Rio Christian didampingi Direktur BPR KAS I Gusti Gede Dharmanta, Komisaris BPR KAS I Made Maharta Wijaya, dan CEO MyDOVI Surya Putera mengatakan implementasi menuliskan kisah hidup bersama BPR KAS bisa dilakukan lewat sejumlah hal.

Pertama, melalui optimalisasi produk andalan, yakni Tabungan Masa Depan yang membantu perencanaan keuangan nasabah di masa depan; Tabungan KAS X-tra yang memudahkan nasabah dalam menjalankan transaksi bisnis harian; KPR Millennial yang mempermudah kepemilikan rumah bagi generasi muda dengan banyak keleluasaan, di antaranya DP rendah, jangka waktu 20 tahun, dan suku bunga 9,9 persen p.a. fixed (per annum atau per tahun) berlaku tetap selama 3 tahun pertama; dan Linkage BPR yang membantu cash flow BPR.

Kedua, kolaborasi lintas sektoral. BPR KAS membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, dengan semangat untuk membantu para stakeholder mendapatkan benefit yang makin meningkat secara berkelanjutan. Salah satu bentuk kolaborasi adalah dengan MyDovi sebuah marketplace voucher digital.

“Kerja samanya tersebut memungkinkan nasabah BPR KAS untuk mendapatkan manfaat tambahan diskon saat berbelanja di merchant-merchant MyDovi. Dengan kolaborasi ini diharapkan transaksi merchant akan semakin meningkat sehingga apabila makin berkembang omsetnya, maka saat membutuhkan kredit, BPR KAS dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan,” ucap CEO BPR KAS Rio Christian.

Ketiga, digitalisasi CEO BPR KAS Rio Christian merinci BPR KAS telah memiliki sistem kerja (internal proses) yang terdigitalisasi sehingga proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien.

“BPR KAS juga meluncurkan sebuah aplikasi web based yang dapat memudahkan transaksi penempatan dana antar BPR. Aplikasi ini diberi nama Mitra Kas dan resmi diumumkan pada tanggal 19 Mei 2023 bertepatan dengan perayaan HUT BPR KAS yang ke-7. Melalui upaya-upaya tersebut di atas, diharapkan BPR KAS mampu berkontribusi lebih baik lagi bagi para stakeholder, dan mampu terus bertumbuh dengan sehat dan menguntungkan secara berkelanjutan, “ tegasnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!